PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Cikitu 03. Jln. Cikitu Desa Cikitu Kecamatan Pacet Kab. Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

Dian Anjani, 145060263 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan di Kelas IV SDN Cikitu 03. Jln. Cikitu Desa Cikitu Kecamatan Pacet Kab. Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK B. INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABSTRAK B.INGGRIS.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRAK B. SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar yang masih berpusat pada guru dalam bentuk metode ceramah sehingga siswa kurang aktif dan hasil belajar siswa masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman melalui model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas di SDN Cikitu 03 kelas IV dengan jumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan pada penelitian ini diperoleh hasil perencanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 70%. Pada siklus II perencanaan pembelajaran meningkat menjadi 75%, pada siklus III memperoleh hasil 86%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I memperoleh 72%. Pada siklus II memperoleh hasil 80%. Pada siklus III menjadi sebesar 90%. Hasil penilitian tingkah laku guru dengan menerapkan sintak discovery learning pada siklus I memperoleh hasil 66% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II memperoleh 76% dengan kriteria baik. Pada siklus III memperoleh hasil 86% dengan kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap tingkahlaku guru pada siklus I memperoleh persentase 64,33% atau dikategorikan cukup baik. Siklus II memperoleh 74,33% atau dikategorikan respon siswa baik. Pada siklus III memperoleh 86,61% atau dikatakan respon siswa sangat baik. Hasil belajar pada siklus I yang mencapai nilai KKM sebanyak 37% dengan kriteria cukup, siklus II yang mencapai nilai KKM sebanyak 57% dengan kriteria baik, siklus III yang mencapai nilai KKM sebanyak 90% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV SDN Cikitu 03. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman. . Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:36
Last Modified: 29 Oct 2018 04:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40021

Actions (login required)

View Item View Item