PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Lengkong Kota Bandung )

Nurul Fitri Anggraeni, 145060152 (2018) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA ( Penelitian Deskriptif Kuantitatif Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Lengkong Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover .pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b. inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak b.sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. BAB I .pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. bab 2.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bab 3 .pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
4. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak agar prestasi belajarnya dapat ditingkatkan tujuan umumnya peneliti ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa, di kelas IV di Daerah kecamatan Lengkong Kota Bandung. Faktor kemungkinan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga seperti: kasih sayang orang tua, keutuhan keluarga, pigur keteladanan orang tua, keharmonisan keluarga, status sosial ekonomi, sikap pola asuh orang tua dan kebiasaan orang tua. Jika hal ini terus dibiarkan akan bedampak buruk bagi kualitas perkembangan anak, karena kurangnya perhatian dan dukungan dari orang tua akan mempengaruhi motivasi belajar siswa. Peneliti mengunakan metode deskriptif kualitatif dan dalam penelitian ini mengunakan Jenis Analisis regresi sederhana yang didasarkan pada hubungan fungsional ataupun kausal antara satu variabel independen dengan satu variabel dependen dan mengunakan metode sampel yaitu pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, berupa angket dan wawancara adapun teknik analisis data yang digunkan secara langsung. Hasil analisis mengenai pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas IV di lima sekolah dasar Daerah kecamatan Lengkong Kota Bandung, dengan responden penelitian sebanyak 157 murid semester ganjil tahun 2018/2019. Hasil Uji validitas dalam penelitian ini digunakan analisis 64 item yaitu mengkorelasiklan skor tiap butir. Dari hasil pengujian reliabilitas terlihat bahwa nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh variabel (X) lingkungan keluarga sebesar 0,984 > 0,70 yang menunjukan bahwa alat ukur mengenai lingkungan keluarga dinyatakan reliabel. Dan nilai koefisien reliabilitas yang diperoleh variabel (Y) motivasi belajar sebesar 0,985 > 0,70 yang menunjukan bahwa alat ukur mengenai motivasi belajar dinyatakan reliabel Metode dilakuakan dengan bantuan software SPSS v22,00.. Disarankan kepada keluarga siswa atau orang tua siswa untuk memberikan hal-hal positif kepada siswa agar siswa mendapat motivasi belajar. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga,Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Oct 2018 04:26
Last Modified: 29 Oct 2018 04:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40018

Actions (login required)

View Item View Item