PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Alfamart Cabang Darmaraja Sumedang)

Nopi Suntari, 142040059 (2018) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Alfamart Cabang Darmaraja Sumedang). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
5. BAB II.docx

Download (44kB)
[img] Text
3. BAB I.docx

Download (26kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
1. cover.docx

Download (35kB)
[img] Text
abstrak 3 bahasa.docx

Download (23kB)
[img]
Preview
Image
image1.jpeg

Download (82kB) | Preview

Abstract

Alfamart Cabang Darmaraja adalah jaringan toko swalayan yang merupakan cabang dari PT. Alfaria Trijaya yang umumnya menjual berbgai jenis produk makanan, minuman, dan barang kebutuhan lainnya. Berdasarkan penelitian di Alfamart Cabang Darmaraja ditemukan beberapa masalah yaitu kurangnya kesetiaan pelanggan terhadap pemblian produk yang dijual. Kurangnya kepercayaan konsumen atas produk dan harga yang ada Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, pengumpulan data melalui kuisioner, observasi dan wawancara. Kuisioner disebarkan kepada konsumen yaitu sebanyak 30 orang, sehingga teknik pengambilan sampel adalah teknik rumus fungsi waktu. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan korelasi dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kegiatan promosi penjualan di Alfamart Cabang Darmaraja berada pada taraf yang cukup baik.Promosi penjualan yang rendahakan berdampak kurang baik bagi perusahaan. Dengan kondisi seperti ini berdampak pada kurang optimalnya loyalitas pelanggan. Hasil pengujian statistik diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan pada Alfamart Cabang Darmaraja yaitu ditunjukkan dengan persamaan regresi artinya apabila promosi penjualan dilakukan optimal maka loyalitas pelanggan akan meningkat,tetapi apabila kegiatan promosi penjualan dilakukan kurang optimal maka loyalitas pelanggan akan menurun. Dengan demikian promosi penjualan mempengaruhi loyalitas pelanggan lebih besar sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hal lain yang tidak diteliti seperti Brand image, kualitas pelayanandan kualitas produk. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Alfamart Cabang Darmaraja antara lalin pemberian kupon yang masih memberatkan konsumen hal ini terjadi karena konsumen harus membeli barang atau produk dengan jumlah minimum pembelajaan dan diadakan pada periode tertentu. Pemberian imbalan kesetian berupa program-program pemberian reward terhadap konsumen setia belum tersosialisasikan dengan baik sehinga tidak dapat dinikmati oleh setiap pelanggan. Adapun usaha yang telah dilakukan Alfamart Cabang Darmaraja antara lain perusahaan memberikan kupon secara langsung kepada konsumen setelah konsumen berbelanja dengan jumlah pembelanjaan yang tidak terlalu tinggi dan memberikan informasi yang jelas kepada konsumen atas hadiah yang akan didapatkannya. Perusahaan memberikan informasi mengenai program imbalan kesetiaan untuk para pelanggan dengan jelas agar mudah diketahui oleh para pelanggan baik dalam media cetak dan media elektonik Kata Kunci: Promosi Penjualan, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:38
Last Modified: 29 Oct 2018 03:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40011

Actions (login required)

View Item View Item