PENGARUH PENAMBAHAN KOLAGEN SISIK DAN TULANG IKAN GURAMI (Osphronemus goramy) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JUS JAMBU BIJI (Psidium guajava L)

Mochamad Restu Septiaji, 12.302.0294 (2018) PENGARUH PENAMBAHAN KOLAGEN SISIK DAN TULANG IKAN GURAMI (Osphronemus goramy) TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN JUS JAMBU BIJI (Psidium guajava L). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Perpus.pdf

Download (328kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi kolagen yang dapat ditambahkan kedalam minuman jus jambu biji merah serta untuk mengetahui karakteristik pada minuman jus jambu biji merah berkolagen berdasarkan sifat kimia, sifat fisik serta organoleptik. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial 5x5 dalam rancangan acak kelompok (RAK) satu faktorial dengan ulangan sebanyak 5 kali, dimana faktornya meliputi : konsentrasi kolagen yang ditambahkan (A), yaitu a1 (1%), a2 (1,5%), a3 (2%), a4 (2,5%), a5 (3%). Respon pada penelitian ini adalah respon organoleptik yang meliputi rasa, aroma dan warna. Respon fisik yaitu Viskositas menggunakan Vikometer. Respon kimia, yaitu kadar protein metode biuret dan kadar Vitamin C metode titrasi iodimetri. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa konsentrasi kolagen yang ditambahkan kedalam minuman jus jambu biji merah berpengaruh terhadap respon rasa, aroma, viskositas, protein dan Vitamin C dari minuman jus jambu biji merah. Konsentrasi kolagen yang ditambahkan kedalam minuman jus jambu biji merah tidak berpengaruh terhadap warna minuman. Kata kunci : Kolagen, Konsentrasi Kolagen, Minuman Jus Jambu Biji Merah,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 29 Oct 2018 03:33
Last Modified: 29 Oct 2018 03:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/40007

Actions (login required)

View Item View Item