PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN

MELA KRISTINA, 145050072 (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif khususnya dalam pembelajaran matematika sangat penting. Seperti yang dikemukakan Depdiknas bahwa mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, intuisi, dan penemuan dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinil, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan, serta mencoba-coba merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika. Akan tetapi pada kenyataanya masih kita jumpai siswa yang kemampuan berpikir kreatif matematisnya rendah, hal ini boleh jadi ada kaitannya dengan model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa adalah pembelajaran model Osborn. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran model Osborn lebih baik daripada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran biasa, 2) menganalisis apakah self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran model Osborn lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, 3) menganalisis apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-regulated learning. Berdasarkan metodenya penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Parongpong yang dipilih tanpa acak kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan skala sikap. Tes yang digunakan adalah tes tipe uraian soal-soal kemampuan berpikir kreatif matematis. Tes diujicobakan terlebih dahulu, berdasarkan hasil ujicoba tersebut, semua soal layak dipakai untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 22.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Test. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Osborn lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran biasa, 2) self-regulated learning siswa yang memperoleh model pembelajara Osborn lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Model Osborn dan Self-Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2018 06:17
Last Modified: 27 Oct 2018 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39981

Actions (login required)

View Item View Item