RANCANGAN PROSES BISNIS PROMOSI DAN PROTOTYPE DIGITAL E-COMMERCE UNTUK INDUSTRI KREATIF PADA SUB SEKTOR INDUSTRI FASHION DI KOTA BANDUNG

MUHAMMAD RIZAL FAHMI, 143010173 (2018) RANCANGAN PROSES BISNIS PROMOSI DAN PROTOTYPE DIGITAL E-COMMERCE UNTUK INDUSTRI KREATIF PADA SUB SEKTOR INDUSTRI FASHION DI KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir - Muhammad Rizal Fahmi Industri Kreatif Bandung (143010173).pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dunia pada saat ini telah memasuki fase gelombang ekonomi ke-4 yakni ekonomi kreatif. Bentuk upaya pengembangan ekonomi kreatif yang saat ini terus berkembang di seluruh dunia yang tentunya berdampak pula terhadap Indonesia khususnya Kota Bandung sebagai salah satu Kota Kreatif di Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sejak tahun 2015. Selain menjadi salah satu pilot project kota kreatif se-Asia Timur, Kota Bandungpun merupakan salah satu kota pusat Fashion di Indonesia. Potensi Kota Bandung sebagai pilot project kota Fashion di Indonesia perlu diwadahi oleh pemerintah mengingat misi Kota Bandung yang akan menjadikan Bandung sebagai kota Fashion pada tahun 2018 melalui program Bandung Modest Fashion Vision 2018. Dengan adanya misi tersebut dan dibantu dengan konsep pariwisata pentahelix serta program digital talent, maka pemerintah perlu mewadahi para pelaku industri Fashion tersebut dengan mengembangkan promosi dan penjualan produk Fashion Kota Bandung melalui aktivitas online melalui website. Dalam membuat usulan terhadap proses bisnis promosi dan penjualan digital atau dikenal digital e-commerce, dilakukan dua tahapan utama yaitu perancangan sistem secara umum dan terperinci. Dalam perancangan sistem secara umum dilakukan identifikasi proses bisnis dengan menunjukkan empat rantai nilai utama yaitu kreasi, produksi, distribusi dan komersialisasi. Keempat rantai nilai utama tersebut akan menjadi input untuk membuat arsitektur informasi untuk membuat pemetaan proses bisnis pada level 0, serta pengurutan menggunakan APQC framework pada aktivitas promosi dan penjualan di level 1 dan level 2. Pemetaan proses bisnis pada setiap level dapat memperlihatkan kelas data yang dibutuhkan dalam pembuatan website informatif. Website tersebut dapat memberikan akses kemudahan bagi semua pihak terkait yang berada dalam ekosistem ekonomi kreatif. Dengan dibuatnya website ini tentunya dapat memudahkan pihak pemerintah dalam mengetahui demand maupun informasi secara administrasi pelaku industri kreatif fashion dengan mudah serta membantu dan meningkatkan produktivitas pihak pelaku industri dalam mempromosikan serta memasarkan produk maupun rancangan mereka. Kata Kunci : digital e-commerce, industri fashion, proses bisnis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:32
Last Modified: 25 Oct 2018 08:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39937

Actions (login required)

View Item View Item