ANALISIS PEMAKAIAN AIR BERSIH PADA HOTEL BINTANG LIMA (STUDI KASUS : HOTEL PADMA BANDUNG DAN HOTEL INTERCONTINENTAL DAGO PAKAR BANDUNG)

Ike Triani Eka Putri Fauzi, 123050021 and Hary Pradiko, Ds (2018) ANALISIS PEMAKAIAN AIR BERSIH PADA HOTEL BINTANG LIMA (STUDI KASUS : HOTEL PADMA BANDUNG DAN HOTEL INTERCONTINENTAL DAGO PAKAR BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
IKE TRIANI EKA PUTRI FAUZI 123050021 TEKNIK LINGKUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kota Bandung berperan sebagai pusat perdagangan dan jasa, pusat kegiatan industri, pusat pelayanan pendidikan, dan kesehatan, pusat kegiatan admisnistrasi dan pemerintahan, pusat pariwisata. Seiring berkembangnya pembangunan di kota-kota besar, seperti Kota Bandung, permintaan terhadap kebutuhan air bersih terutama pada sektor perhotelan juga sangat besar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat pemakaian air di Hotel Padma Bandung dan Hotel Intercontinental Dago Pakar Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode campuran antara kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder berupa wawancara, data pemakaian air, jumlah tamu satu tahun yang diperoleh dari masing-masing hotel dan data primer dengan mencatat meteran air masing-masing hotel selama satu minggu. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pemakaian air tertinggi perhari di Hotel Padma terjadi pada hari Minggu diperoleh pemakaian air rata-rata sebesar 368,7 m3/hari dan Hotel Intercontinental diperoleh pemakaian air rata-rata sebesar 255,6 m3/hari. Tingkat pemakaian air rata-rata pada hari kerja di Hotel Padma sebesar 325,7 m3/hari dan di Hotel Intercontinental 182,4 m3/hari. Tingkat pemakaian air rata-rata pada hari libur di Hotel Padma sebesar 353,7 m3 dan di Hotel Intercontinental sebesar 240,4 m3. Berdasarkan hasil perhitungan pemakaian air perorang perhari, pemakaian air perorang perhari, kedua hotel melebihi standar yang ditetapkan. Tingginya tingkat pemakaian air di Hotel Padma disebabkan karena Hotel Padma memakai air untuk seluruh kegiatan mandi, minum dan cuci sedangkan Hotel Intercontinental hanya untuk kegiatan mandi dan minum.Selain itu perbedaan tipe hotel menjadi salah satu penyebab tingginya pemakaian air hotel. Kata kunci : analisis pemakaian air, hotel bintang lima

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Oct 2018 05:43
Last Modified: 25 Oct 2018 05:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39924

Actions (login required)

View Item View Item