USULAN INDIKATOR KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS : TELKOMEDIKA BANDUNG)

AYUNDA NOVITASARI, 143010168 and Iman Firmansyah, DS (2018) USULAN INDIKATOR KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS : TELKOMEDIKA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
USULAN INDIKATOR KINERJA BERBASIS BALANCED SCORECARD.pdf

Download (370kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pengukuran kinerja merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan untuk mengantisipasi persaingan yang semakin keras dan ketat, termasuk di dalam bidang kesehatan. Pengukuran kinerja dapat dimanfaatkan sebagai peningkatan efektifitas dan efesiensi pegolahan operasional untuk membatu dalam upaya pertimbangan dan pengambilan keputusan. Telkomedika Bandung mempunyai sasaran strategis yaitu meningkatkan pelayanan kesehatan dan meningkatkan penyelenggaraan organisasi. Telkomedika Bandung mengalami peningkatan biaya dari tahun ke tahun. Dapat dilihat pada pendapatan di tahun 2015 sebesar Rp. 45.000.000.000, tahun 2016 sebesar Rp. 55.000.000.000, dan pada tahun 2017 sebesar Rp. 60.000.000.000. Peningkatan pada tahun 2016 dan 2017 tidak terlalu signifikan. Hal tersebut di karenakan semakin berkurangnya minat pasien untuk berobat di Telkomedika Bandung. Dengan permasalahan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada kaitannya dengan kepuasan pelanggan. Jika tidak di tangani, maka perusahaan akan terus kehilangan konsumen. Berdasarkan permasalahan diatas, penulis melakukan wawancara dan penyebaran kuisioner kepada 30 pasien yang sedang berobat di Telkomedika Bandung. Hasil pengamatan dari wawancara dengan 30 orang responden menunjukkan bahwa pelanggan mengeluhkan tentang penampilan intangible dan tangible. Dengan dilakukannya pengolahan data menggunakan metode Balanced Scorecard, maka terdapat hasil analis yang dibagi kedalam 4 (empat) perspektif yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, serta perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Dari pengolahan data tersebut, maka terdapat penetapan Performance Indicator (PI) dan Key Performance Indicator (KPI) yang menjadi indikator perusahan yang diusulkan. Kata Kunci : Balanced Scorecard, Key Performance Indikator, Pengukuran Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 25 Oct 2018 03:17
Last Modified: 25 Oct 2018 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39874

Actions (login required)

View Item View Item