KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL DARI VARIASI KOMPOSISI EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia) DAN SARI BUAH NENAS (Ananas comosus (L.) Merr.)

Hendra Febriana, 12.302.0353 (2018) KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL DARI VARIASI KOMPOSISI EKSTRAK DAUN BINAHONG (Anredera cordifolia) DAN SARI BUAH NENAS (Ananas comosus (L.) Merr.). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
-HENDRA FEBRIANA 123020353 TEKNOLOGI PANGAN-.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi antara perbandingan ekstrak daun binahong dan sari buah nenas pada minuman fungsional ekstrak daun binahong. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan dengan pola faktorial (1x3) dalam rancangan acak kelompok (RAK) dengan ulangan sebanyak 5 kali, dimana faktornya : perbandingan variasi komposisi ekstrak daun binahong dan sari buah nenas yang terdiri dari 5 taraf, yaitu: p1 (1:1), p2 (2:1), p3 (3:1), p4 (4:1) dan p5 (5:1), sehingga diperoleh 25 satuan percobaan. Respon pada penelitian ini adalah respon kimia, yaitu kadar vitamin C (iodimetri). Respon fisik yaitu total padatan terlarut (TSS) dan kekentalan (viskositas). Respon organoleptik (uji hedonik) yang meliputi warna, aroma rasa, dan pengujian aktivitas antioksidan (DPPH) pada sampel terpilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi komposisi ekstrak daun binahong dengan sari buah nenas berpengaruh terhadap kadar vitamin C, sedangkan total padatan terlarut (TSS) dan kekentalan (viskositas) tidak berpengaruh. Respon organoleptik meliputi warna aroma dan rasa berpengaruh pada variasi komposisi ekstrak daun binahong dan sari buah nenas. Berdasarkan analisis kimia dan respon organoleptik menunjukan bahwa sampel tepilih pada variasi perlakuan ekstrak daun binahong dan sari buah nenas yaitu p1 (1:1) dengan nilai rata-rata kadar vitamin C 117,54 mg vit C/100ml dan lebih disukai pada warna, aroma dan rasa. Aktivitas antioksidan sebesar 951,35 (lemah). Kata kunci: daun binahong, buah nenas, minuman fungsional

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 25 Oct 2018 02:01
Last Modified: 25 Oct 2018 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39860

Actions (login required)

View Item View Item