PERBANDINGAN SIMPLE SYRUP DENGAN CORN SYRUP DAN TAHAP PENAMBAHAN GULA TERHADAP KARAKTERISTIK GLAZED TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza Roxb)

Zafirah Najla, 12.302.0311 (2018) PERBANDINGAN SIMPLE SYRUP DENGAN CORN SYRUP DAN TAHAP PENAMBAHAN GULA TERHADAP KARAKTERISTIK GLAZED TEMULAWAK (Curcuma xanthorriza Roxb). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan simple syrup dengan corn syrup dan tahap penambahan gula terhadap karakteristik glazed temulawak (Curcuma Xanthorriza Roxb). Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan pola faktorial 3 x 3 dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan ulangan sebanyak 3 kali, dengan faktor meliputi : perbandingan simple syrup dengan corn syrup (S) terdiri dari tiga taraf, yaitu : s1 (6 : 1), s2 (5 : 2), s3 (3 : 2) dan tahap penambahan gula (G) terdiri dari 3 taraf, yaitu : g1 (2 kali), g2 (3 kali), g3 (4 kali). Respon pada penelitian ini adalah kadar kurkumin, kadar gula total, dan uji organoleptik warna, aroma, rasa, tekstur, dan kenampakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbandingan simple syrup dengan corn syrup berpengaruh terhadap warna, aroma, rasa, tekstur, kadar kurkumin, dan kadar gula total, tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap kenampakan pada glazed temulawak. Tahap penambahan gula berpengaruh terhadap warna dan kadar gula total pada glazed temulawak, serta interaksi antara perbandingan simple syrup dengan corn syrup dan tahap penambahan gula berpengaruh nyata terhadap warna glazed temulawak. Hasil analisis uji organoleptik menunjukkan bahwa perlakuan s1g2 (perbandingan simple syrup dengan corn syrup 6 : 1 dan tahap penambahan gula 3 kali) merupakan perlakuan terpilih dengan kadar kurkumin 3,18 ppm dan kadar gula total 50,87%. Kata kunci : Glazed Temulawak, Simple Syrup, Corn Syrup, Tahap Penambahan Gula.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 24 Oct 2018 07:00
Last Modified: 24 Oct 2018 07:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39837

Actions (login required)

View Item View Item