Analisis Pengukuran Beban Kerja Fisik dan Mental Operator Proses Produksi E-clip dengan Menggunakan Metode 10 Denyut dan Defence Research Agency workload Scale (DRAWS)

Tiara Febyani, 143010080 (2018) Analisis Pengukuran Beban Kerja Fisik dan Mental Operator Proses Produksi E-clip dengan Menggunakan Metode 10 Denyut dan Defence Research Agency workload Scale (DRAWS). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
TiaraFebyani_143010080_Teknik Industri.pdf

Download (416kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. PINDAD (Persero) perusahaan industri manufaktur di Indonesia yang merupakan perusahaan yang memproduksi produk dalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Dari beberapa produk komersial yang diproduksi terdapat Departemen Tempa Divisi Tempa Cor dan Alat Perkeretaapian. Produk yang diproduksi pada departemen ini yaitu Swink Link, E-Clips, FNC 471, Tabung Bolak Balik, Bolt, dan Block Link. Produk-produk tersebut merupakan beberapa alat prasarana kereta api yang diproduksi pada departemen ini. Target produksi pada tahun 2017 tidak memenuhu target yakni dari 804.00 target produksi yang terpenuhi hanya 387.000.dari beberapa factor yang diketahui bahwa hal ini yang paling dominan disebabkan oeh beban kerja fisik maupun mental operator. Salah satu beban kerja mental yang sesuai dengan aktifitas kerja adalah dengan menggunakan metode DRAWS (Defence Research Agency Workload Scale) yang memiliku 4 variabel yaitu Input Demand, Central Demand, Output Demand, dan Time Pressure. Kemudian beban kerja fisik menggunakan metode 10 denyut. Pada perhitungan beban kerja mental dari 9 pekerja yang mengalami overload adalah sebanyak 7 pekerja dan 2 diantaranya adalah optimal load. Selanjutnya pada perhitungan beban kerja fisik dari 9 pekerja terdapat 2 pekerja yang mengalami overload. Adapun hasil beban kerja fisik dan mental yang paling dominan terjadinya overload baik itu beban kerja fisik dan mental adalah pada pekerja bending dan packaging, dengan kriteria beban kerja yaitu melebihi>60% pada beban kerja mental dan >60% cardiovasculair pada beban kerja fisik. Kata Kunci : Beban Kerja Fisik, Beban Kerja Mental, Denyut Jantung, Cardiovaskulair Load dan DRAWS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 24 Oct 2018 05:28
Last Modified: 24 Oct 2018 05:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39820

Actions (login required)

View Item View Item