POLA KOMUNIKASI LISAN BAHASA ARAB DI PESANTREN MODERN ANALISIS TEORITIK INTERAKSIONISME SIMBOLIK PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR ORAL COMMUNICATION ARABIC LANGUAGE OF MODERN BOARDING SCHOOL THEORETICAL ANALYSIS INTERACTIONISM SYMBOLIC IN MODERN BOARDING SCHOOL DARUSSALAM GONTOR PONOROGO EAST JAVA

Kiki Nurjaman, NPM : 168080008 (2018) POLA KOMUNIKASI LISAN BAHASA ARAB DI PESANTREN MODERN ANALISIS TEORITIK INTERAKSIONISME SIMBOLIK PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PONOROGO JAWA TIMUR ORAL COMMUNICATION ARABIC LANGUAGE OF MODERN BOARDING SCHOOL THEORETICAL ANALYSIS INTERACTIONISM SYMBOLIC IN MODERN BOARDING SCHOOL DARUSSALAM GONTOR PONOROGO EAST JAVA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
KIKI NURJAMAN _ 168080008_Jurnal.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren saat ini menjadi pilihan alternatif dalam meneruskan jenjang pendidikan. Sejak masuknya sistem pesantren ke Indonesia, lembaga pendidikan pesantren di Indonesia terus berkembang. Sehingga memunculkan paradigma bahwa lulusan santri, biasanya mempunyai nilai tersendiri, yang tergantung dari keunggulan atau ciri khas pendidikan pesantren itu. Salah satunya adalah Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur, yang terkenal dengan keunggulan santrinya dengan berkomunikasi berbahasa Arab. Pondok yang terkenal dengan sebutan Gontor ini sejak berdiri tahun 1926, mempuyai sistem yang berbeda dengan pesantren lainya. Bahasa Arab dan Inggris menjadi alat interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Tak terkecuali santri- santri yang baru masuk Gontor. Santri baru membutuhkan percepatan kemampuan dalam berbahasa Arab, apalagi yang mempunyai kurikulum pendidikan berbeda dan latar belakang pendidikan non Agama Islam, seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP). Percepatan kemampuan santri baru pasti didukung dengan keberadaan simbol- simbol yang ada di Gontor Untuk itu, tujuan dari penelitian untuk mendapatkan gambaran santri dan ustad, dalam memahami konsep diri, pemaknaan objek-objek simbolik, pemaknaan tindakan simbolik, dan pemaknaan bersama di antara warga pondok. Penelitian ini menggunakan teori Interaksionisme Simbolik, dengan pendekatan penelitian kualitatif metode ekplanatori, dengan mengemukakan gambaran atau pemahaman mengenai bagaimana dan mengapa suatu gejala atau realitas komunikasi itu terjadi. Hasil penelitian ini menunjukan pemaknaan terhadap objek-objek simbolik, objek fisik atau non fisik yang diterapkan dalam tindakan, sehingga terbentuk pemaknaan bersama sebagai pola komunikasi pondok pesantren modern. Kata kunci : interaksionisme simbolik, pesantren, dan modern

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:50
Last Modified: 24 Oct 2018 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39817

Actions (login required)

View Item View Item