PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP

OKTAVIANA RAHMAWATI, 145050068 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN SELF-CONFIDENCE SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.a. Abstrak Indonesia.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.b. Abstrak Inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB I.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB III.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
9. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
11. Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Nilai matematika yang relatif rendah salah satu penyebabnya adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa. Kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari bagaimana siswa menyikapi setiap permasalahan matematis yang ada. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran akan efektif dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menjadi meningkat. Adapun salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Parongpong dengan sampelnya siswa kelas VIII menggunakan kelas yang ada. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan angket self-confidence. Tes dan angket diujicobakan terlebih dahulu. Dari hasil uji coba soal-soal dan pernyataan angket semuanya berkategori baik, oleh karena itu soal-soal dan pernyataan angket memenuhi syarat sehingga layak dijadikan instrumen penelitian. Analisis data hasil penelitian menggunakan program IBM SPSS Statistic 23 for Windows. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Discovery Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional, 2) self-confidence siswa yang memperoleh model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning, 4) tidak terdapat korelasi antara self-confidence dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Discovery Learning dan Self-Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:25
Last Modified: 24 Oct 2018 04:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39814

Actions (login required)

View Item View Item