KERJASAMA INDONESIA-JEPANG DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI TEKNIK DI INDONESIA (TAHUN 2012-2017)

Rifda Zulvia, 142030128 (2018) KERJASAMA INDONESIA-JEPANG DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN TINGGI TEKNIK DI INDONESIA (TAHUN 2012-2017). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (18kB)
[img] Text
cover.docx

Download (24kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)

Abstract

Hubungan diplomatik Indonesia-Jepang didasarkan pada perjanjian Perdamaian antara Republik Indonesia dan Jepang pada bulan April 1958. Sejak itu hubungan bilateral antara kedua negara berlangsung baik, akrab dan terus berkembang tanpa mengalami hambatan berarti.Eratnya hubungan bilateral kedua negara tersebut juga tercermin dalam berbagai persetujuan yang ditandatangani maupun pertukaran nota oleh kedua pemerintah untuk memberikan landasan lebih kuat bagi kerjasama di berbagai bidang. Intensitas kunjungan timbal balik di antara pemimpin dan pejabat tinggi kedua negara cukup tinggi. Berbagai bentuk kerjasama dilakukan oleh kedua Negara, salah satu aktivitas massif yang dilakukan adalah kerjasama di bidang pendidikan. Kerjasama ini terjalin karena kedua negara percaya bahwa pendidikan adalah kunci untuk majunya suatu negara. Kerjasama pendidikan Indonesia – Jepang sudah terjalin cukup lama mengingat kembali bahwa pendidikan adalah hal utama yang dirassa amat penting oleh kedua negara. Didalam penelitiann ini, penulis menjelaskan mengenai berbagai contoh aktivitas kerjasama Indonesia dan Jepang pada bidang pendidikan yang difokuskan kepada kependidikan tinggi teknik antar dua negara. Indonesia memilih Jepang sebagai rekan atas kerjasama ini mengingat kemampuan sumber daya manusia Jepang dibidang teknik sudah jauh lebih maju, dan sebagian besar major study yang diambil oleh pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Jepang maupun kegiatan training yang diselenggarakan oleh kedua negara sebagian besar merupakan pembelajaran mengenai teknik. Kegiatan kerjasama pendidikan berisi kegiatan saling bertukar ilmu dalam berbagai bidang baik eksak dan budaya. Bagi Indonesia kegiatan ini bukan semata sebagai peran bukti peran aktif Indonesia untuk kegiatan kerjasama internasional tapi juga digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan empat landasan berpikir yang dilanjutkan dengan penjelasan dan pembahasan dalam bagian serupauntuk menganalisis masalah penelitian, yaitu kerjasama internasional Indonesia, hubungan bilateral, kerjasama pendidikan Indonesia dan Jepang, dan fungsi dari kerjasama kedua negara salah satunya pada bidang pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Kata Kunci:Hubungan Bilateral, Kerjasama Pendidikan, Pendidikan Tinggi Teknik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 Oct 2018 04:16
Last Modified: 24 Oct 2018 04:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39812

Actions (login required)

View Item View Item