ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL OPERATOR PRODUKSI SWINK LINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODIFIED COOPER HARPER SCALE (STUDI KASUS : PT. PINDAD (PERSERO) BANDUNG)

PUTRI ANGGRAEINI NUGRAHA, 143010093 (2018) ANALISIS PENGUKURAN BEBAN KERJA MENTAL OPERATOR PRODUKSI SWINK LINK DENGAN MENGGUNAKAN METODE MODIFIED COOPER HARPER SCALE (STUDI KASUS : PT. PINDAD (PERSERO) BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Putri Anggraeini N_143010093_Teknik Industri (1).pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. PINDAD (Persero) adalah salah satu perusahaan industri manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Salah satu produk komersial diproduksi terdapat pada Departemen Tempa Divisi Tempa Cor dan Alat Perkeretaapian. Produk yang diproduksi pada departemen vii ini yaitu Swink Link, E-Clips, FNC 471, Tabung Bolak Balik, Bolt, dan Block Link. Hasil data jumlah produksi dan jumlah cacat produk di departemen ini pada bulan Mei - September 2017 menunjukkan bahwa produk Swink Link memiliki jumlah cacat produk terbanyak. Jika dipersentasekan cacat produk pada Swink Link sebesar 58,37%. Salah satu faktor penyebab cacat produk saat produksi selain karena mesin yaitu faktor manusia/operator. Hal yang menjadi perhatian yaitu beban kerja mental operator. Salah satu pendekatan yang dapat dilakukan dalam menghitung beban kerja mental diantaranya adalah dengan metode Modified Cooper harper Scale. Metode MCHS ini berbentuk pohon keputusan dengan skala penilaian 10 poin yang berkisar antara sangat mudah hingga sangat berat. Berdasarkan penelitian beban kerja terhadap 14 operator yang menangani 5 mesin produksi berbeda dengan 77 aktivitas pekerjaan, diperoleh bahwa 9 aktivitas pekerjaan masuk dalam kategori overload, 1 aktivitas pekerjaan optimal load dan 67 aktivitas pekerjaan yang underload. Aktivitas pekerjaan yang termasuk dalam kategori overload perlu mendapatkan penanganan lanjutan guna menghasilkan proses produksi yang lebih baik. Kata Kunci : Pengukuran Beban Kerja, Beban Kerja Mental, Modified Cooper Harper Scale, Swink Link

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:00
Last Modified: 24 Oct 2018 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39796

Actions (login required)

View Item View Item