PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E- MARKET PLACE UNTUK PENYEWAAN PERLENGKAPAN PERNIKAHAN (Studi kasus : Sanggar Rias Pengantin Hesti Wedding)

Rian Nuryadin, 133040244 and Sali Alas Majapahit, DS (2018) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E- MARKET PLACE UNTUK PENYEWAAN PERLENGKAPAN PERNIKAHAN (Studi kasus : Sanggar Rias Pengantin Hesti Wedding). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Rian Nuryadin 133040244 Teknik Informatika.pdf

Download (647kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat memudahkan pengguna dalam mendapatkan dan menyebarkan informasi. Informasi yang di dapatkan dapat bermanfaat dalam pengambilan keputusan, e-Market place bisa dijadikan sebagai alat bagi pengguna untuk mendapatkan informasi mengenai produk atau layanan yang akan di cari. Di dalam sebuah e-market place untuk penyewaan perlengkapan pernikahan jika banyak vendor yang memasarkan produknya maka akan banyak produk yang ditawarkan kepada pelanggan, banyaknya produk bisa menguntungkan pelanggan karena pelanggan akan ditawarkan pilihan-pilhan produk namun disisi lain juga dapat menyebabkan sulitnya pencarian informasi mengenai produk yang sesuai dengan profil pelanggan. Content based recomendation merupakan sistem rekomendasi yang dapat memberikan pilihan produk yang sesuai dengan profil pelanggan, yang jika diterapkan dalam sebuah e-market place maka dapat memudahkan pelanggan dalam mencari informasi yang sesuai dengan profil dari pengguna Dalam Tugas Akhir ini penulis melakukan perancangan aplikasi e-marketplace penyewaan perlengkapan pernikahan dengan menggunakan metode pembangunan sistem SSADM (Structure System Analysis and Design Method), metode content based recommendation untuk merekomendasikan produk vendor kepada pelanggan dan algoritma naive bayes untuk memfilter komponen produk yang akan di rekomendasikan kepada pelanggan. Penelitian ini menghasilkan rancangan aplikasi e-market place yang dapat merekomendasikan produk kepada pelanggan berdasarkan profil pelanggan sehingga pelanggan dapat mudah menemukan informasi produk yang dibutuhkan. Kata Kunci : teknologi informasi, kualitas, produk, layanan, rekomendasi, informasi, Content based recommendation, naïve bayes.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 23 Oct 2018 03:02
Last Modified: 23 Oct 2018 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39574

Actions (login required)

View Item View Item