PENELITIAN PROSES PEMBUATAN MATERIAL KOMPOSIT SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MATERIAL BLOK REM KERETA API

Ginanjar Ramadona, 13.3030046 (2018) PENELITIAN PROSES PEMBUATAN MATERIAL KOMPOSIT SEBAGAI ALTERNATIF UNTUK MATERIAL BLOK REM KERETA API. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Ginanjar Ramadona 133030046 (Teknik Mesin).pdf

Download (989kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kereta api merupakan salah satu transportasi terpadu yang memiliki beberapa kelebihan, seperti memiliki kapasitas angkut yang besar, efisiensi dan kelancaran yang lebih baik dibandingkan sarana angkutan lainnya. Salah satu sistem yang menunjang keselamatan dan kelancaran perjalanan kereta api adalah sistem pengereman. Blok rem kereta api terdiri dari dua jenis, yaitu blok rem metalik dan blok rem komposit. Sebagian besar kebutuhan blok rem menggunakan produk impor yang berbahan komposit. Dari hasil penelitian sebelumnya, blok rem komposit terdiri dari Karbon, Aluminium, Silikon, Molybdenum, Kalsium dan Sulfur dengan Karbon sebagai matriks. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka diperlukan sebuah pengembangan tentang material komposit untuk blok rem kereta api agar kelak hasilnya memiliki kualitas sama atau lebih baik dari produk impor, cocok dipakai untuk roda kereta api di Indonesia dan dapat diproduksi di dalam Negeri. Hal tersebut sangat didukung dengan kondisi Indonesia sebagai negara yang memiliki sumber daya berlimpah, maka dipilihlah sabut kelapa sebagai pengganti serat karena kelapa adalah salah satu tanaman yang ketersediaannya sangat melimpah dan hampir semua bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi material penyusun spesimen uji dengan material penguat sabut kelapa, Resin Epoxy sebagai matriks, Alumina (Al2O3) sebagai material friksi utama, pasir besi, Barium Sulfat (BaSO4) dan Kalsium Hiroksida (Ca(OH)2) sebagai filler yang dibuat dalam batang spesimen dengan ukuran 125x22x15mm dan dilakukam pengujian mekanik seperti uji kekerasan, uji keausan dan metalografi dengan variasi % fraksi volume sabut kelapa 0%, 10% dan 15%. Pada komposisi sabut kelapa 15% kekerasan rata-rata 18,53 HBW/2,5/31,25 dan harga keausan 11,80x10-6 mm2/kg meskipun masih dibawah FIP Brakes. Variasi komposisi sabut kelapa mempengaruhi terhadap penurunan nilai kekerasan dan kenaikan harga keausan material komposit. Kata kunci: Material alternatif komposit, blok rem kereta api, komposit.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:52
Last Modified: 23 Oct 2018 01:52
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39555

Actions (login required)

View Item View Item