PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif terhadap Penanaman Nilai Tanggung Jawab Perserta Didik SMA Pasundan 8 Bandung)

Huzaifah Rizal Firdaus, 145010025 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SOSIAL PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif terhadap Penanaman Nilai Tanggung Jawab Perserta Didik SMA Pasundan 8 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak ingris.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.-BAB-I.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.-BAB-II.pdf

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.-BAB-III.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
5.-BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
6.-BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
8.-Daftar-Pustaka.pdf

Download (164kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn pengembangan sikap tanggung jawab sosial peserta didik muali dari mengentahui pengetahuan, sikap dan kesadaran tanggung jawab sosial peserta didik, mengetahui peran serta upaya sekolah dan guru PPKn dalam mengembangkan sikap bertanggug jawab sosial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitiandeskriptifkualitatif dan yang menjadi informanadalah guru PPKn, wakil kepala sekolah, guru BK dan 18orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisisdata yangdi gunakan yaitu mendeskripsikan hal-hal yang berdasarkan hasil pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1)peserta didik tidak mampu menjelaskan mengenai tanggung jawab sosial peserta didik , namun peserta didik telah mampu mencontohkan sikap tanggung jawab sosial, (2) setiap peserta didik memiliki beragam kesadaran terhadap sikap tanggung jawab sosial, hal tersebut dikarenakan interaksi yang dilakukan oleh peserta didik dengan lingkungan sosial yang dimilikinya. (3) upaya sekolah dengan menyiapkan guru-guru profesional di setiap bidang keilmuan. (4) peran guru ppkn sebagai inisiator dalam sosialisasikan tujuan negara, kebijakan pemerintah dan kurikulum di bidang nilai sosial dan moral. Adapun upaya yang dilakukan ibu AS membangun interaksi yang baik dengan peserta didik, mengajarkan komitmen terhadap janji, dan memberikan contoh serta nasihat sesuai apa yang ibu AS kerjakan. Kata kunci : Peran guru, tanggung jawab sosial peserta didik, pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Oct 2018 01:43
Last Modified: 23 Oct 2018 01:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39553

Actions (login required)

View Item View Item