USULAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK HOUSE OF THREE DEE DENGAN MENGGUNAKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM)

Luthfia Lismawan Suwandi, 133010151 (2018) USULAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK HOUSE OF THREE DEE DENGAN MENGGUNAKAN QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Luthfia Lismawan Suwandi,133010151,Teknik Industri.pdf

Download (184kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Dalam era sekarang ini, persaingan usaha semakin kompetitif, setiap pelaku bisnis ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar. Keberhasilan suatu perusahaan dalam mencapai tujuan itu sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Perusahaan dapat menjual produk dengan harga yang tinggi sesuai dengan tingkat kualitas produk yang ada. Dengan hal tersebut perusahaan akan mampu mengatasi tantangan dari para pesaing terutama dalam bidang pemasaran. Untuk menarik perhatian konsumen pada produk yang dijual dan dilakukannya transaksi pembelian maka perusahaan harus dapat menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang telah ada. Untuk meningkatkan nilai jual, setiap perusahaan mempunyai cara atau strategi masing-masing untuk dapat menjaring konsumen, agar mendapatkan posisi pasar yang baik. Salah satu metode yang digunakan untuk menentukan strategi yang akan diterapkan atau digunakan oleh perusahaan yaitu dengan menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). QSPM adalah alat yang direkomendasikan bagi para ahli strategi untuk melakukan evaluasi pilihan strategi alternatif secara objektif, berdasarkan key success factor internal- eksternal yang telah diidentifikasikan sebelumnya. Metoda QSPM terdiri dari tiga tahapan perencanaan strategi alternative. Strategi alternatif tahap pertama yaitu, input stage matriks IFE (Internal Factors Evaluation) dan EFE (External Factors Evaluation), dengan nilai total score untuk IFE sebesar 2,36 dan EFE sebesar 2,47, sehingga strategi yang terpilih ada pada sel ke v yaitu menggunakan strategi hold and maintain dengan strategi generiknya strategi intensif. Strategi alternatif tahap kedua yaitu maching stage dengan menggunakan matriks SWOT dengan hasil strategi yang terpilih adalah strategi pengembangan produk yang dimana strategi terpilih termasuk kedalam strategi intensif. Matriks SPACE dengan hasil perhitungan yang dilakukan maka menghasilkan strategi market penetration, market development, product development, backward integration, forward integrationdan horizontal integration maka strategi generiknya adalah strategi intensif dan integrasi. Strategi alternatif tahap ketiga decision stage menggunakan matriks QSPM dengan cara scoring maka akan menghasilkan nilai TAS, dengan TAS terbesar yaitu 4,93 Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka berdasarkan nilai TAS (Total Attarctive Score) terbesar yaitu Strategi Penetrasi Pasar sebesar 4,93. Untuk menerapkan strategi operasional yang terpilih, maka dilakukan rencana aksi yaitu gencar melakukan promosi, dan perencanaan lainny

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 22 Oct 2018 08:06
Last Modified: 22 Oct 2018 08:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39541

Actions (login required)

View Item View Item