PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA

RIFKI SAGALA, 145050022 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hingga saat ini matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sukar bagi sebagian besar siswa yang mempelajari matematika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Dalam hal ini, kemampuan pemahaman matematis dan selfregulated learning peserta didik masih tergolong rendah maka diperlukan perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan salah satunya model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Pasundan 3 Cimahi. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Treffinger dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan selfregulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger. Kata kunci : Model Treffinger, kemampuan pemahaman matematis, Selfregulated Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:37
Last Modified: 22 Oct 2018 06:37
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39531

Actions (login required)

View Item View Item