RIFKI SAGALA, 145050022 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) | Preview |
Abstract
Hingga saat ini matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sukar bagi sebagian besar siswa yang mempelajari matematika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Dalam hal ini, kemampuan pemahaman matematis dan selfregulated learning peserta didik masih tergolong rendah maka diperlukan perubahan terhadap model pembelajaran yang digunakan salah satunya model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Untuk mengetahui apakah self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Pasundan 3 Cimahi. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang memperoleh model Treffinger dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran biasa. Data yang terkumpul diolah menggunakan software IBM SPSS 24.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (2) Self-regulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh pembelajaran biasa; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan pemahaman matematis dan selfregulated learning peserta didik yang memperoleh model Treffinger. Kata kunci : Model Treffinger, kemampuan pemahaman matematis, Selfregulated Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 22 Oct 2018 06:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2018 06:37 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39531 |
Actions (login required)
View Item |