TRANSFORMASI NILAI PANCASILA MELALUI ORGANISASI MAHASISWA GUNA MENINGKATKAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (Studi Deskriptif HIMA PKnH FKIP Universitas Pasundan Bandung)

R. HAFIZ NAZALA RAMADHAN, 145010039 (2018) TRANSFORMASI NILAI PANCASILA MELALUI ORGANISASI MAHASISWA GUNA MENINGKATKAN KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA (Studi Deskriptif HIMA PKnH FKIP Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak Indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE BAB I.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE BAB II.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE BAB III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana penerapan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Organisasi Mahasiswa Guna Meningkatkan Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh era baru fajar reformasi saat ini, dimana Pancasila kini seolah tidak pantas lagi dipakai dalam dialektik era reformasi, Pancasila sudah jarang dikutip, Pancasila sudah jarang dipakai dalam segala aspek ketatanegaraan, melupakan Pancasila sebagai dasar kehidupan dalam berbangsa dan bernegara. Penelitian ini mendeskripsikan beberapa rumusan masalah yaitu Sejauhmana Penerapan, Program apa saja yang dilakukan, Pendekatan, dan metode, Hambatan serta Upaya apakah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan yang muncul dari penerapan nilai Pancasila guna meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara dalam lingkungan Mahasiswa dalam proses transformasi nilai-nilai Pancasila di HIMA PKnH. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif, Subjek dan Objek dalam Penelitian ini adalah Organisasi Mahasiswa HIMA PKnH FKIP UNPAS. Pengumpulan data dan Instrumen penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi serta media angket yang dijadikan sebagai data konkret. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan antara nilai didalam Pancasila dengan program kerja yang diselenggarakan oleh HIMA PKnH FKIP UNPAS. Metode, pendekatan yang dilakukan oleh HIMA PKnH adalah pendekatan kekeluargaan, demokratis. Hambatan yang dihadapi oleh HIMA PKnH dalam melaksanakan setiap program kerjanya Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan melakukan pendekatan kembali serta melakukan pelatihan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dalam menangani setiap hambatan yang dihadapi. Kata Kunci : Transformasi, Nilai Pancasila, Organisasi Mahasiswa, kesadaran berbangsa dan bernegara

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:23
Last Modified: 22 Oct 2018 06:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39529

Actions (login required)

View Item View Item