PENGARUH KESADARAN POLITIK WARGA MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH (Studi Deskriptif Analisa Kuantitatif di Kecamatan Sukasari Kabupaten Subang)

SIGIT TRIAS ABRIANTO, 145010015 (2018) PENGARUH KESADARAN POLITIK WARGA MASYARAKAT TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH (Studi Deskriptif Analisa Kuantitatif di Kecamatan Sukasari Kabupaten Subang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (692kB) | Preview
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu wujud dari kesadaran politik adalah partisipasi politik dalam pemilihan kepala daerah. Partisipasi politik yang dilandasi oleh kesadaran politik akan mendorong masyarakat menggunakan hak pilihnya secara rasional dan sesuai dengan aspirasi masyarakat. Penelitian di laksanakan di Kecamatan Sukasarai Kabupaten Subang. Penelitian menggunakan Kuantitatif Deskriptif dengan pengumpulan data yang di lakukan dengan penelitian Kepustakaan, Observasi (Pengamatan), Kuosioner (Angket), dan Penggunaan dokumentasi. Kuisioner di sebarkan kepada 100 orang (responden) yang di ambil dengan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan dibandingkan dan dianalisis dengan analisis kuantitatif. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kesadaran Politik terhadap Partisipasi Politik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai korelasi antara Pengaruh Kesadaran Politik terhadap Partisipasi Politik sebesar 0,184 dan hasil tes menunjukkan signifikan. Ini berarti perubahan sebesar satu satuan dalam variabel kesadaran politik mengakibatkan perubahan sebesar 0,184 atau dibulatkan menjadi 18,4% pada partisipasi politik dalam kategori hubungannya rendah atau lemah. Besarnya pengaruh variabel kesadaran politik terhadap partisipasi politik adalah sebesar 3,4%, Hasil temuan ini mengindikasikan bahwa kesadaran politik masyarakat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap tingkat partisipasi politik dalam pemilihan umum kepala daerah sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh dari kesadaran politik baik dari pengetahuan, pemahaman, sikap, dan tindakan pola perilaku meskipun hanya sebesar 3,4% yang berkategori sangat rendah terhadap partisipasi politik, sedangkan sisanya 96,6% dapat diartikan dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci: Kesadaran Politik, Partisipasi Politik, Pemilihan Kepala Daerah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:09
Last Modified: 22 Oct 2018 06:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39523

Actions (login required)

View Item View Item