RENCANA PERBAIKAN KUALITAS SEPATU JUNIOR DI PT PRIMARINDO ASIAN INFRASTRUCTRE TBK (STUDI KASUS : PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk)

MERI GUSTHYA MITRI, 143010014 (2018) RENCANA PERBAIKAN KUALITAS SEPATU JUNIOR DI PT PRIMARINDO ASIAN INFRASTRUCTRE TBK (STUDI KASUS : PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Meri Gusthya Mitri - 143010012.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Primarindo Asian Infrastructure Tbk adalah perusahaan yang memproduksi sepatu. Jumlah kerusakan produk di PT. Primarindo Asian Infrastructure Tbk cendrung meningkat dari Bulan Maret sampai dengan Bulan Mei 2018 yang mengakibatkan menurunya profit perusahaan. Untuk mengantisipasi kerugian yang terus terjadi maka perlu dilakukan upaya perbaikan. Rencana perbaikan dilakukan dengan tujuh alat kualiats untuk menentukan jenis cacat, kemampuan proses, serta menentukan faktor penyebab. Jenis cacat yang mendapat prioritas utama perbaikan yaitu “upper miring. Cacat “upper miring” terbukti memilki kemampuan proses yang rendah yaitu 1.003. Faktor penyebab yang diamati yaitu pengalaman kerja, dan pencahayaan dari lampu vamp. Berdasarkan hasil eksperimen diketahui bahwa pengalaman kerja signifikan berpengaruh terhadap cacat “upper miring” pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan Uji SNK dikatahui bahwa level yang berpengaruh yaitu pengalaman kerja lebih dari 10 tahun. Selanjutya dilakukan eksperimen konfirmasi untuk melihat kemampuan proses setelah perbaikan. Terkonfirmasi bahwa setelah dilakukan perhitungan ulang rencana perbaikan mampu menaikan kemampuan proses sebesar 0.297. Namun cacat “upper miring” baru bisa menyelesaikan 34% dari total kerusakan sepatu junior. Perbaikan selanjutya dapat dilakukan pada cacat prioritas perbaikan kedua dan seterusnya. Dengan demikian perbaikan yang berkelanjutan dapat terus meningkatkan profit perusahaan. Kata Kunci: Basic Seven Tools, Kemampuan Proses, Design Factorial, Uji SNK, Perbaikan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 22 Oct 2018 05:34
Last Modified: 22 Oct 2018 05:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39519

Actions (login required)

View Item View Item