IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Deskriptif di SMK Nasional Bandung)

INDON DITAMA GULTOM, 145010049 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN (Studi Deskriptif di SMK Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI (Autosaved).pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI EDIT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis PAIKEM dalam Meningkatkan Kualitas dan Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn (Studi Deskriptif dilaksanakan di SMK Nasional Bandung)”. Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan informasi tentang implementasi model Paikem di SMK Nasional Bandung . Secara rinci tujuan khusus penelitian ini adalah tentang bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan model paikem pada mata pelajaran PPKn, mengetahui faktor pendukung yang dihadapi dalam menggunakan model paikem pada mata pelajaran PPKn di SMK Nasinal Bandung, mengetahui faktor penghambat yang dihadapi dalam menggunakan model paikem pada mata pelajaran PPKn di SMK Nasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Yang melalui tahap Observasi, Wawancara dan Studi Dokumentasi. Objek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran PPKn dan Perwakilan dari Peserta Didik di lingkungan SMK Nasional Bandung yang berjumalah 2 orang dan penyebaran angket sebanyak 50 angket, untuk 50 orang. Secara garis besar analisis data meliputi tiga langkah yaitu : (1) Persiapan, (2) tabulasi, (3) penerapan data sesuai dengan pendekatan penelitian. Analisis data dapat dilakukan melalui tiga alur kegiatan yang terjadi secara besamaan yaitu: (a) Reduksi Data, (b) Display Data, dan (c) Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Dengan hasil penelitian bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Paikem dapat memberikan dampak positif bagi proses pembelajaran berlangsung dimana peserta didik dapat lebih aktif, lebih mudah untuk menerima pembelajaran dan dapat menunjukan kualitas dari masing-masing peserta didik. Faktor yang mendukung pelaksanaan model paikem dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran berlangsung dimana anak terkadang menjadi lebih semangat, lebih tertarik untuk mencari sumber, tidak bosan, dan lebih mudah untuk berinovasi dalam menerima pembelajaran. Tetapi di dalam faktor pendukung tadi ada juga faktor penghambat yang dimana anak menganggap permainan menjadi tindakan tidak serius untuk menerima pembelajaran. Akhir penelitian, peneliti menyampaikan kesimpulan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis paikem dalam meningkatkan kualitas dan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn sangat berperan penting dalam proses pembelajaran penerimaan materi berlangsung. Kata Kunci: Model Pembelajaran PAIKEM, Kualitas dan keaktifan belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Oct 2018 04:17
Last Modified: 22 Oct 2018 04:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39514

Actions (login required)

View Item View Item