PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEARIFAN LOKAL UPACARA ADAT NGALAKSA (Studi Deskrptif Pada Masyarakat Desa Rancakalong Kabupaten Sumedang)

DHIMAS YAYANG NURHAKIM, 145010024 (2018) PENERAPAN NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEARIFAN LOKAL UPACARA ADAT NGALAKSA (Studi Deskrptif Pada Masyarakat Desa Rancakalong Kabupaten Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
DATAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penerapan nilai-nilai Pancasila merupakan suatu kewajiban bagi warga negara Indonesia karena merupakan dasar negara Indonesia yang di jadikan sebagai pedoman hidup warga negara Indonesia. Salah satu contohnya melalui kearifan lokal upacara adat ngalaksa yang menjadi kebudayaan luhur masyarakat Desa Rancakalong, karena bagi masyarakat adalah sebuah kebijaksanaan dan kearifan yang banyak mengandung nilai-nilai kebaikan. Hanya saja kehidupan yang semakin modern menyebabkan semakin pudar dan jauh dari penerapan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan semakin berkurangnya kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila apalagi dengan kearifan lokal. Sehingga sedikit demi sedikit akan hilang karena masyarakat dapat terpengaruh budaya barat yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mengkaji informasi tentang penerapan nilai-nilai Pancasila melalui kearifan lokal upacara adat ngalaksa di Desa Rancakalong Kecamatan Rancakalong Kabupaten Sumedang. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskripsi untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan berkaitan dengan fenomena di atas. Teknik pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah (1) Upacara adat ngalaksa merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan masyarakat yang dianggap sakral dan suci oleh masyarakat Desa Rancakalong: (2) Berdasarkan penemuan penelitian di dalam makna upacara adat ngalaksa terkandung nilai-nilai Pancasila, yaitu upacara adat ngalaksa sebagai wujud rasa syukur masyarakat atas diperolehnya hasil panen, dan sebagai pemersatu masyarakat karena dalam pelaksanaanya masyarakat ikut berpartisipasi bersama-sama melaksanakan upacara adat ngalaksa, dari kedua makna tersebut merupakan wujud nilai Pancasila ke-1 Ketuhanan Yang Maha Esa dan sila ke-3 Persatuan Indonesia: (3) Bahwa upacara adat ngalaksa memiliki keterkaitan erat dengan nilai-nilai Pancasila: (4) Solusi dalam mengatasi berbagai masalah pelestarian nilai-nilai Pancasila dan kearifan lokal upacara adat Ngalaksa adalah adanya dukungan dari orang tua, masyarakat, dan pemerintah pada pelaksanaan upacara adat ngalaksa. Kata Kunci : Nilai Pancasila, Kearifan Lokal, Upacara Adat Ngalaksa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Oct 2018 07:26
Last Modified: 20 Oct 2018 07:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39485

Actions (login required)

View Item View Item