ANALISIS BEBAN KERJA DALAM PENENTUAN JUMLAH KARYAWAN DI BAGIAN IN PROCESS CONTROL PADA DIVISI QUALITY CONTROL DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING DAN JOB PERFORMANCE (STUDI KASUS PT. LUCAS DJAJA BANDUNG)

DERI FAJAR RINALDI, 143010038 and ERWIN MAULANA PRIBADI, DS (2018) ANALISIS BEBAN KERJA DALAM PENENTUAN JUMLAH KARYAWAN DI BAGIAN IN PROCESS CONTROL PADA DIVISI QUALITY CONTROL DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORK SAMPLING DAN JOB PERFORMANCE (STUDI KASUS PT. LUCAS DJAJA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
143010038 (Deri Fajar Rinaldi).pdf

Download (650kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

PT. Lucas Djaja merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang farmasi atau pembuatan obat. Beban kerja yang ada di dalam perusahaan telah ditentukan dalam bentuk standar kerja perusahaan. Tuntutan pekerjaan yang memerlukan konsentrasi dan ketelitian yang tinggi, menyebabkan tingkat stress yang tinggi bagi karyawan sehingga produktivitas menjadi menurun, yang ditandai dengan banyaknya pegawai yang sering tidak masuk kerja (sakit atau cuti) disebabkan faktor kesehatan yang menurun akibat harus bekerja diatas jam kerja normal atau disebabkan faktor psikologis pegawai karena pegawai merasa stress dan depresi dengan targettarget produksi yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui beban kerja yang dirasakan oleh karyawan serta dan menentukan jumlah karyawan yang optimal untuk setiap sub bagian pada bagian In Process Control. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yaitu metode work sampling, dimana work sampling sendiri adalah salah satu teknik yang digunakan untuk melakukan sejumlah pengamatan terhadap aktivitas kerja dari mesin, proses, atau operator. Dari hasil pengolahan data terdapat dua sub bagian IPC yang termasuk kedalam kategori over load yaitu sub bagian pembuatan obat sirup dan larutan obat luar serta sub bagian pengemasan untuk itu perlu adanya penambahan karyawan, sementara untuk sub bagian pembuatan obat kapsul dan softgel dan sub bagian pembuatan obat injeksi beban kerja yang dirasakan termasuk kedalam kategori under load dan tidak perlu dilakukan penambahan karyawan. Untuk penambahan karyawan pada sub bagian pembuatan obat sirup dan larutan obat luar dan juga sub bagian pengemasan diberikan penambahan masing-masing 1 karyawan agar distribusi beban kerja pada sub bagian tersebut menjadi berkurang dan beban kerja yang dirasakan oleh karyawan tidak terlalu tinggi sehingga performansi karyawan pun akan naik dan produktivitas perusahaan akan meningkat. Kata Kunci : Beban Kerja, Work Sampling, Jumlah Karyawan Optimal

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 20 Oct 2018 02:34
Last Modified: 20 Oct 2018 02:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39458

Actions (login required)

View Item View Item