EVALUASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT)

Akhmad Erfin Sustanto, 13.304.0220 (2018) EVALUASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS : DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
Cover, Pengesahan, Dafta Isi, Abstrak, Bab1, Daftar Pustaka.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Teknologi Informasi pada era saat ini sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk menunjang berjalanya proses bisnis secara efektif dan efisien pada perusahaan maupun pemerintah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat terutama bagian Perencanaan menerapkan teknologi informasi untuk mendukung RENSTRA (Rencana Strategi). Namun penerapan TI Tersebut tidak disertai dengan proses Manage Strategy, sehingga tidak ada kontrol indikator dalam penerapanya terutama pada Bagian Perencnanaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi tata kelola teknologi informasi pada proses manage Strategy Bagian Perencaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang mengacu pada COBIT 5 domain APO02 Manage Strategy. Tahapan dalam pengerjaan tugas akhir ini di mulai dengan identifikasi masalah, Study Literatur, Menentukan Teknik Pengumpulan data, analisis objek penelitian, dan pengukuran Capability level Tata kelola Teknologi Informasi pada proses Manage Strategy. Hasil Akhir Penelitian ini adalah berupa kesimpulan dan rancangan perbaikan aktivitas tata kelola TI pada domain prose APO02 Manage Strategy pada pengelolaan data pokok pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dengan memanfaatkan COBIT 5 sebagai acuan. Kata Kunci : Evaluasi , Tata Kelola Teknologi Informasi, Fraemwork, COBIT 5, Capability Level, PAM (Process Assessmenet Model).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:13
Last Modified: 19 Oct 2018 02:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39418

Actions (login required)

View Item View Item