Mega Fransiska dan Robby Regenald Meka., Drs., M.Hum. (2018) ANALISIS NILAI - NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DAN PRINSIP - PRINSIP PEMBELAJARAN PADA GAME EDUKASI PIPPO MERAYAKAN RAMADHAN MELALUI KOMPOSISI MUSIK GAME KARYA MONKEY MELODY . Mega Fransiska 13.6040031. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.
Text
1 HAL JUDUL.pdf Download (24kB) |
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (325kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (535kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (118kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
4 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai - nilai pendidikan karakter keislaman dan prinsip - prinsip pembelajaran pada game edukasi “Pippo Merayakan Ramadhan” melalui komposisi musik game karya Monkey Melody. Objek dalam penelitian ini berupa partitur, audio, animasi dan visualisasi pada game edukasi “Pippo Merayakan Ramadhan”, karya Monkey Melody. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian di peroleh dengan cara studi literatur, observasi wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai - nilai pendidikan karakter yang terkandung pada game edukasi pippo merayakan yang ditinjau dari aspek makna kata narasi tergolong nilai - nilai religius, yakni nilai: disiplin, rasa ingin tahu, hati nurani, kontrol diri, pesimis, kerja keras, dan semangat. Prinsip - prinsip desain dalam komposisi musik gam e edukasi pippo merayakan ramadhan sebagai teknik - teknik pembelajaran atau prinsip - prinsip pembelajaran. diantaranya: prinsip repetisi (mengajar berulang - ulang sebuah komepetensi dengan cara yang sama), prinsip variasi (mengajar berulang - ulang sebuah kompe tensi dengan cara yang sedikit berbeda), prinsip kontras (mengajar berulang - ulang sebuah kompetensi dengan cara yang berbeda atau sangat berbeda). Sejumlah prinsip desain komposisinya yang daoat dikonversi sebagai prinsip - prinsip pembelajaran ditemukan pul a pada sejumlah aspek komposisinya. Komposisi musik game edukasi pippo merayakan ramadhan menggunakan struktur bentuk - musik pokok 4 bagian, yaitu part A, B, C, dan C’. Tempo yang digunakan adalah tempo cepat (allegro) 135 bpm dengan sukat tunggal 4/4. Komp osisi musik game ini menggunakan birama biner, dari aspek tempo dan sukat menampakkan prinsip repetisi. Komposisi musik game ini memiliki melodi yang dicipta dengan prinsip repetisi, variasi, dan kontras. Interval melodi yang digunakan adalah interval - inte rval prim, sekonde, ters, kwart, kwint, septim, dan oktaf (ditahan, melangkah, dan melompat). Kata Kunci: Pendidikan karakter , Prinsip - prinsip pembelajaran , Pippo Merayakan Ram a dhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2018 |
Depositing User: | oman rohman |
Date Deposited: | 19 Oct 2018 02:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2018 02:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39415 |
Actions (login required)
View Item |