KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL CAMPURAN SARI DAUN KATUK (Sauropus androgynous L. Merr) DAN SARI BUAH BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) AKIBAT LAMA PASTEURISASI DAN JENIS PENSTABIL

Fitrya Nur Akmaliyah, 143020114 and Wisnu Cahyadi, DS (2018) KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONAL CAMPURAN SARI DAUN KATUK (Sauropus androgynous L. Merr) DAN SARI BUAH BLACK MULBERRY (Morus nigra L.) AKIBAT LAMA PASTEURISASI DAN JENIS PENSTABIL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Fitrya Nur Akmaliyah, 143020114, Teknologi Pangan.pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

Daun Katuk (Sauropus androgynous L Merr) merupakan daun yang kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Pemanfaatan daun katuk itu sendiri biasanya dimanfaatkan sebagai pewarna alami serta dapat mempelancar produksi ASI. Selain itu daun katuk terbukti berkhasiat sebagai antikanker, antimikroba, dan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Black Mulberry (Morus nigra L.) merupakan buah yang dimanfaatkan sebagai kebutuhan pakan ulat sutera. Selain kaya akan vitamin C, buah black mulberry juga kaya akan antosianin yang dapat mencegah penyakit kanker. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik lama pasteurisasi dan jenis penstabil pada minuman fungsional. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan dilakukan untuk menentukan perbandingan air dengan bahan baku untuk dijadikan sari yang akan digunakan pada penelitian utama serta analisis bahan baku. Penelitian utama dilakukan untuk menentukan pengaruh lama pasteurisasi dan jenis penstabil yang digunakan pada minuman fungsional. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan pola faktorial 3x3 dengan 3 kali ulangan. Variabel respon pada penelitian ini adalah Respon Organoleptik meliputi warna,aroma dan rasa serta respon fisik meliputi kestabilan dan total padatan terlarut. respon kimia meliputi analisis kadar vitamin C, analisis aktivitas antioksidan dan analisis kadar gula pereduksi dan repon mikrobiologi meliputi analisis total mikroba. Hasil penelitian pendahuluan diperoleh bahwa perbandingan air dengan bahan baku terpilih yaitu perbandingan bahan dengan air 1:10 untuk sari daun katuk dan perbandingan bahan dengan air 1:1 untuk sari black mulberry dan hasil analisis bahan baku yang meliputi analisis antioksidan pada bahan baku yaitu daun katuk sebesar 132,80 ppm buah black mulberry 124,30 ppm, vitamin C daun katuk sebesar 235,42 mg vit C/100g bahan dan vitamin C buah black mulberry 47,23 mg vit C/100 g bahan. Sedangkan berdasarkan hasil dari penelitian utama diperoleh bahwa sampel terbaik pada minuman fungsional sari daun katuk dan sari buah black mulberry yang terbaik adalah a2b3 yakni lama pasteurisasi 6 menit dan jenis penstabil pektin dengan hasil pada respon fisik kestabilan 97,81ºBrix, total padatan terlarut 9,36 ºBrix. respon kimia vitamin C sebesar 23,571 mg vit C/ 100 ml, aktioksidan 790,23 ppm, gula pereduksi 9,77%. dan respon mikrobiologi total mikroba 2,96 x 102 CFU/ml. Kata Kunci : Daun Katuk, Black Mulberry, Minuman Fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 19 Oct 2018 02:01
Last Modified: 19 Oct 2018 02:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39413

Actions (login required)

View Item View Item