PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN REAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

HARDIANTI WIDIA ANGGRAENI, 145040124 (2018) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN REAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ANTI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ANTI.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ANTI.pdf

Download (560kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
BAB V ANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS ANTI.pdf

Download (520kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan problem based learning berbasis lingkungan real terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek dari penelitian ini ditentukan dengan teknik purpossive sampling yaitu siswa kelas X MIPA 3 yang berjumlah 30 orang di SMA Negeri 6 Bandung. Hasil penelitian pada kemampuan memecahkan masalah didapatkan rata-rata persentase 80,6% dengan kategori baik dan pada ranah kognitif didapatkan nilai rata-rata Pretest sebesar 55,5 dan nilai rata-rata Posttest sebesar 77,6 serta dari hasil uji N-Gain didapatkan nilai N-Gain tertinggi sebesar 0,71 dengan kategori tinggi dan nilai terkecil sebesar 0,33 dengan kategori sedang. Sedangkan, hasil keterlaksanaan sintaks problem based learning berbasis lingkungan real mendapatkan persentase 80% dengan kategori baik. Demikian dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui problem based learning berbasis lingkungan real dapat mempengaruhi kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar ranah kognitif siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Kata Kunci: Problem Based Learning Berbasis Lingkungan Real, Kemampuan Memecahkan Masalah, Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa, Konsep Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2018 08:56
Last Modified: 17 Oct 2018 08:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39355

Actions (login required)

View Item View Item