PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UANTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 2 Rancakasumba Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung)

Andri Fauzi, 145060004 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UANTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN 2 Rancakasumba Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Jadi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B Inggris.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kreativitas pendidik dalam memilih dan merencanakan model pembelajaran kurang tepat, pada saat pembelajaran berlangsung pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan tugas dan suasana pembelajaran kurang kondusif, sehingga berpengaruh dalam hasil belajar peserta didik . penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL), penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Rancakasumba Pada tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Keberagaman Budaya Bangsaku dengan jumlah siswa 20 orang dengan 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penilaian hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh dengan rat-rata 54.75 dengan kategori kurang, pada siklus II diperoleh 70.5 dengan kategori cukup dan pada siklus III mengalami peningkatan cukup drastis dengan diperoleh nilai 80.25. penilaian sikap peduli pada siklus I diperoleh dengan rat-rata 58.55 dengan kategori kurang, pada siklus II diperoleh 63.55 dengan kategori kurang dan pada siklus III mengalami peningkatan cukup drastis dengan diperoleh nilai 81.8. penilaian sikap santun pada siklus I diperoleh dengan rat-rata 60.8 dengan kategori kurang, pada siklus II diperoleh 68.2 dengan kategori kurang dan pada siklus III mengalami peningkatan cukup drastis dengan diperoleh nilai 82.8. dan penilaian keterampilan peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rat-rata 63.65dengan kategori kurang, pada siklus II diperoleh 71.4 dengan kategori cukup dan pada siklus III mengalami peningkatan cukup drastis dengan diperoleh nilai 82.1. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Problem Based Learing dapat meningkatkan hasil belajar, sikap dan keterampilan peserta didik. Terbukti dengan adanya peningkatan dengan setiap siklusnya. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:50
Last Modified: 17 Oct 2018 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39346

Actions (login required)

View Item View Item