PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SDN 117 Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019)

Nuryamah, 145060019 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V SDN 117 Batununggal Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK INDONESIA NURYAMAH.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK INGGRIS NURYAMAH.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTAK SUNDA NURYAMAH.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PDF NURYAMAH.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PDF NURYAMAH.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III PDF NURYAMAH.pdf

Download (862kB) | Preview
[img] Text
BAB IV PDF NURYAMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V PDF NURYAMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF NURYAMAH.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Discovery Learning pada subtema organ gerak hewan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas V SDN 117 Batununggal Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memilki nilai hasil belajar kurang memuaskan dikarenakan guru kurang menguasai model Discoverry Learning, akibatnya siswa pada proses pembelajaran menjadi kurang aktif, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis and Taggar. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 siklus dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap-tahap model Discovery Learning. Adapun pengumpulan dan mengunakan teknik observasi, hasil (postes, angket, dan wawancara, hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 75%, siklus II 77%, dan pada siklus III meningkat 83%. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I 65%, siklus II 69% dan pada siklus III meningkat mencapai 80% Hasil belajar pada ranah sikap percaya diri yaitu mencapai 33%, siklus II mencapai 50% , dan Siklus II mencapai 80% , sikap tanggung jawab pada siklus I yaitu 55%, siklus II mencapai 80%, dan siklus III mencapai 89%. Selanjutnya pada ranah kognitif pada siklus I mencapai 22%, siklus II mencapai 68%, dan siklus III meningkat mencapai 92%., dan hasil belajar pada ranah psikomotor (keterampilan komunikasi) pada siklus I 39%, siklus II 78%, dan siklus III meningkat mencapai 89% . melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning yang digunakan pendidik sudah berhasil, Terbukti dengan adanya peningkatan persentase pada setiap siklusnya. Kata Kunci: Model Discovery Learning , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Oct 2018 04:02
Last Modified: 17 Oct 2018 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39269

Actions (login required)

View Item View Item