JEIHAN NURFATIMAH A, 145040138 (2018) IMPLEMENTASI PERMAINAN BOI-BOIAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER PUNYA JIHAN.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA JIHAN.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS JIHAN.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA JIHAN.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (168kB) | Preview |
Abstract
Salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan adalah metode permainan, hal ini dikarenakan metode permainan akan membuat anak/peserta didik merasa nyaman tidak tertekan dalam melakukannya. Melalui bermain anak dapat mempelajari dirinya maupun dunia sekitarnya, perkembangan psikologis anak akan nilai, sikap dan toleransi akan terasah, anak-anak akan mengalami konsep untuk hidup secara langsung. Untuk itu usaha mengembangkan potensi siswa yang diantaranya dalam penguasaan konsep sekaligus dalam upaya memajukan budaya bangsa, dalam hal ini permainan yang berbasis kearifan lokal yakni permainan Boi boian menjadi salah satu pilihan permainan yang dijadikan sarana pembelajaran. Permainan boi-boian yang terdieri dari dua group yaitu group main dan group lawan. Group main merubuhkan menara pecahan genting dari jarak tertentu. Selanjutnya group main harus menyusun kembali menara pecahan genting yang berserakan sambil menghindari tembakan bola dari group lawan. Metode permainan boi-boian dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan motivasi dalam penguasaan konsep siswa di Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah. Dengan metode permaianan Boi-boian ini siswa menunjukkan memperoleh pengetahuan baru. Mereka juga mengakui bahwa permainan dapat memediasi pembelajaran, mengidentifikasi objek kegiatan dan mendiskusikan bagaimana mereka dapat membantu komunitas. Hal ini disebabkan karena ketika siswa menggunakan permainan untuk belajar, mereka secara aktif melihat dan melakukan daripada mendengarkan. dan membaca. Kata kunci: Boi-boian, Boi-boian games, Penguasaan konsep, Penguasaan materi belajar, Sistem gerak manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 17 Oct 2018 03:05 |
Last Modified: | 17 Oct 2018 03:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39259 |
Actions (login required)
View Item |