ASRI FAUZIYAH NUR AZIZAH, 145030034 (2018) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO BLOG (VLOG) PADA SISWA KELAS X SMAN 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
abstrak Indonesia.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak Sunda.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (509kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (100kB) | Preview |
Abstract
Dalam Kurikulum 2013 menceritakan kembali isi teks biografi merupakan keterampilan berbicara. Berkaitan dengan penjelasan di atas, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media video blog (vlog) pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang. Permasalahan yang penulis rumuskan adalah: 1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media video blog (vlog) pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang?; 2) Bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi sebelum diberikan perlakuan?; 3) Bagaimana tingkat kemampuan siswa dalam menceritakan kembali isi teks biografi sesudah diberikan perlakuan?; 4) Bagaimana efektivitas penggunaan media video blog (blog) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa di kelas eksperimen? Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode quasi eksperiment jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitian observasi, uji coba, dan tes. Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menceritakan kembali isi teks biografi dengan menggunakan media video blog (vlog) pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang diperoleh penulis sebesar 3,88 dan termasuk ke dalam kategori sangat baik (A); 2) Peserta Peserta didik di kelas X SMAN 1 Soreang mampu mengikuti pembelajar-an menceritakan kembali isi teks biografi dengan tepat. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pretes sebesar 61,10 dan nilai rata-rata postes 89,80 atau peningkatan sebesar 30%. 3) Media video blog (vlog) bagi pembelajaran siswa menceritakan kembali isi teks biografi di kelas X SMAN 1 Soreang. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 21,79 > 2,09 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan 19. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran media video blog (vlog) efektif digunakan menceritakan kembali isi teks biografi pada siswa kelas X SMAN 1 Soreang. Kata Kunci: Menceritakan, berbicara, isi teks biografi, media video blog (vlog).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 16 Oct 2018 08:26 |
Last Modified: | 04 Sep 2019 12:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39241 |
Actions (login required)
View Item |