PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI YANG BERFOKUS PADA UNSUR BATIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yuliana, 145030127 (2018) PEMBELAJARAN MENGANALISIS UNSUR PEMBANGUN PUISI YANG BERFOKUS PADA UNSUR BATIN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 UYEYEEEE FIX.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 UYEYEEEE FIX.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 UYEYEEEE FIX.pdf

Download (607kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 UYEYEEEE FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 UYEYEEEE FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Metode Means Ends Analysis (MEA) adalah metode yang digunakan peneliti dalam penelitian pada peserta didik dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi yang berfokus pada unsur batin. Hasil dari penelitian yang peneliti peroleh, dapat membandingkannya pada hasil pretes dan postes yang diberikan pada peserta didik kelas X. 1) Peneliti mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan nilai tahap perencanaan 3,67 dan nilai rata-rata untuk kegiatan pelaksanaan 3,71. 2) Peserta didik kelas X SMA Pasundan 1 Bandung mampu menganalisis unsur pembangun puisi yang berfokus pada unsur batin. Hal ini terbukti dari hasil pretes pada kelas eksperimen dengan rata-rata 33,8 dan hasil postes dengan rata-rata 74,8. Sementara hasi pretes kelas kontrol dengan rata-rata 48,2 dan hasil postes dengan rata-rata 67. 3) Metode Means Ends Analysis (MEA) efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi yang berfokus pada unsur batin pada kelas X SMA Pasundan 1 Bandung. Hal ini terbukti indeks skor gain bahwa pada kelas eksperimen sebagian responden berkategori tinngi sebesar 68% dan pada kelas kontrol berkategoti 0,0 %. Artinya metode Means Ends Analysis (MEA) lebih efektif dari pada metode peta pikiran. Hasil belajar antar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat dari hasil pretes sebesar 33,8 dan postes sebesar 74,8, sedangkan pretes kontrol sebesar 48,2 dan postes sebesar 67. 4) Metode Means Ends Analysis (MEA) lebih efektif dibandingkan metode peta pikiran dalam pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi yang berfokus pada unsur batin, telah terbukti bahwa metode Means Ends Analysis (MEA) lebih baik signifikan dibandingkan metode peta pikiran. Hal ini terbukti dari rumus uji dua rata-rata bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa dari penelitian pembelajaran menganalisis unsur pembangun puisi yang berfokus pada unsur batin dengan menggunakan metode Means Ends Analysis (MEA) pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 1 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 dikatakan berhasil dengan baik. Kata kunci: metode Means Ends Analysis (MEA), menganalisis, pembelajaran, puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:29
Last Modified: 16 Oct 2018 04:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39224

Actions (login required)

View Item View Item