PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR, ISI, DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-TALK-WRITE PADA SISWA KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NURLAELA, 135030022 (2018) PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS DENGAN MEMERHATIKAN STRUKTUR, ISI, DAN KEBAHASAAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-TALK-WRITE PADA SISWA KELAS VII SMP PGII 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik diwajibkan menempuh empat keterampilan, yakni keterampilan menulis, membaca, menyimak, dan berbicara. Dalam Kurikulum 2013 peserta didik kelas VII diwajibkan terampil dalam menulis surat dinas. Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menulis Surat Dinas dengan Memerhatikan Struktur, Isi, dan Kebahasaan Menggunakan Model Think-Talk-Write Pada Siswa Kelas VII SMP PGII 2 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model think-talk-write digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis surat dinas dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan menggunakan model think-talk-write pada siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung melakukan pembelajaran menulis surat dinas dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dengan tepat? (3) Efektifkah model think-talk-write digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan pada siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung? Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis surat dinas dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan menggunakan model think-talk-write pada siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil penilaian, perencanaan, dan pela ksanaan pembelajaran, yaitu 3,03. (2) Siswa kelas VII SMP PGII 2 Bandung mampu menulis surat dinas dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan menggunakan model think-talk-write. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pretes 33 dan nilai rata-rata postes 84 yang berarti terdapat peningkatan sebesar 51 atau setara dengan 15, 81%. (3) Model think-talk-write efektif digunakan dalam pembelajaran menulis surat dinas. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel yaitu 30>29,1 pada taraf signifikan 0,5% tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 30. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, menulis, surat dinas, model think-talk-write.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 16 Oct 2018 03:50
Last Modified: 16 Oct 2018 03:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39223

Actions (login required)

View Item View Item