PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Ciaro 2 Kabupaten Bandung)

Asri Fitriani Karisman, 145060116 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Ciaro 2 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Ciaro 2 Kabupaten Bandung tahun ajaran 2018/2019. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman yang dilatarbelakangi dengan keadaan peserta didik yang kurang aktif pada saat pembelajaran, kurangnya sikap santun serta rendahnya hasil belajar peserta didik karena guru sering menggunakan pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan belum menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sistem siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dan sikap santun. Pada siklus I rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 67 dengan persentase ketuntasan belajar 46%. Pada siklus II rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 75 dengan persentase ketuntasan belajar 72% dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 83 dengan persentase ketuntasan belajar 96%. Pada siklus I persentase hasil sikap santun peserta didik sebesar 70% dengan kategori kurang baik. Pada siklus II sebesar 72% dengan kategori cukup dan pada siklus III sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Kata Kunci: Problem Based Learning dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 08:18
Last Modified: 15 Oct 2018 08:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39201

Actions (login required)

View Item View Item