PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN 033 Asmi Kota Bansung Bandung Tahun Pelajaran 2018-2019)

Ulfa Rahma Rizaldy, 145060029 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN 033 Asmi Kota Bansung Bandung Tahun Pelajaran 2018-2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abastrak indonesia.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abtrak inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abtrak sunda.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - for merge.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIXXXXXXXXX PIZAAAANNNNN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV fixxxxxxxx pisann ieu mah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka 1.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran Tema 1 Perkembangbiakan hewan dan Tumbuhan Subtema 2 Perkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas III. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas III SDN 033 Asmi, sebanyak 28 orang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase hasil belajar ranah kognitif mencapai 36% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase ketuntasan siswa mencapai 72% dan pada siklus III mencapai 91% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil obeservasi dan angket pada ranah afektif (sikap) peduli pada siklus I siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 41% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II meningkat mencapai 61%, dan pada siklus III mencapai 82%. Hasil observasi dan angket persentase keberhasilan sikap santun yang sudah mencapai KKM, pada siklus I hanya mencapai 45% masih perlu peningkatan, pada siklus II meningkat mencapai 66% tetapi masih belum mencapai angka keberhasilan, dan pada siklus III mencapai 85% dari jumlah siswa yang sudah mencapai kereteria tuntas atau mencapai KKM. Hasil observasi pada ranah psikomotor (keterampilan) pada siklus I persentase siswa yang sudah mencapai keriterian tuntas atau mencapai KKM hanya mencapai 41% artinya masih perlu tindakan pada siklus II, serta pada siklus II mencapai 71%, peningkatan ini sudah mencapai angka ketentuan keberhasilan yaitu 80% siswa tuntas atau mencapai KKM, tetepai untuk memastikan hasil keterampilan ini maka di lakukan observasi pada ranah keterampilan pada siklus III yang mencapai 82%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 033 Asmi pada pembelajaran tema 1 perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema 1 perkembangbiakan dan daur hidup hewan kelas III. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:24
Last Modified: 15 Oct 2018 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39193

Actions (login required)

View Item View Item