Riyadi Akbar Munajat, 123060064 (2018) KAJIAN FASILITAS SOSIAL DI PUSAT PELAYANAN PRIMER KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
|
Text
RIYADI AKBAR MUNAJAT-123060064.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Fasilitas sosial merupakan suatu tempat penunjang dan kebutuhan utama yang dibutuhkan dalam kelangsungan hidup sehari-hari di sebuah wilayah tertentu. Pembangunan fasilitas sosial seperti fasilitas pendidikan, kesehatan, peribadatan, perdagangan, olahraga dan rekreasi memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung aktivitas ekonomi, sosial, budaya serta kesatuan dan persatuan bangsa terutama sebagai modal dasar dalam memfasilitasi interaksi dan komunikasi antara kelompok serta masyarakat serta mengikat dan menghubungkan antar wilayah/kota. Perkembangan suatu wilayah/kota hendaknya diikuti oleh ketersediaan yang lengkap dan dapat melayani kebutuhan masyarakat setempat, sehingga perlu dilihat ketersediaan dan pelayanan fasilitas sosial tersebut. Hal ini sama halnya yang terjadi di pusat primer Kabupaten Bandung yang memerlukan identifikasi mengenai tingkat pelayanan fasilitas sosial dan kinerja fasilitas sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi serta menganalisis tingkat pelayanan fasilitas sosial dan kinerja fasilitas sosial di pusat pelayanan primer Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan dalam penyusunan laporan ini yaitu menggunakan metode analisis campuran yaitu metode analisis kualitatif dan kuantitatif, dimana metode kuantitatif dengan menghitung analisis tingkat pelayanan dan kebutuhan fasilitas sosial berdasarkan kimpraswil (SK Menteri Permukiman dan Prafasilitas No. 534/KPTS/M/2001) dan metode analisis kualitatif dengan melihat analisis hasil persepsi masyarakat (kuesioner). Hasil dari penelitian ini yaitu dapat dilihat fasilitas apa saja yang masih perlu peningkatan pelayanannya, sehingga perlu penambahan dalam upaya peningkatan dan pemerataan fasilitas sosial agar dapat melayani penduduk dan ketersediaan fasilitas sosial yang ada dapat terjangkau oleh penduduk serta melihat kualitas fasilitas tersebut berdasarkan tingkat pelayanan, kelengkapan sarana penunjang dan persepsi masyarakat sehingga diketahui kualitas pelayanan fasilitas sosial di pusat primer Kabupaten Bandung. Kata kunci : Fasilitas Sosial, Kualitas Pelayanan, Pusat Primer Kabupaten Bandung
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018 |
Depositing User: | Ms sri - |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 07:10 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 07:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39184 |
Actions (login required)
View Item |