PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SDN 067 NILEM BANDUNG

Nunik Fradina, 145060194 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KELAS IV SDN 067 NILEM BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 pdf.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II pdf.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK1.pdf

Download (410kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik pada siswa kelas IV B SDN 067 Nilem Bandung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Peneliti berkolaborasi dengan peneliti sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran dan guru kelas IV B sebagai pengamat atau observer. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 067 Nilem Bandung, tahun ajaran 2018/2019. Objek dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk uraian terbatas yang dilakukan tiap akhir siklus, dan observasi yang dilakukan oleh peneliti. Data aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran dianalisis secara deskriptif kualitatif dan data hasil tes belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Matematika Realistik yang dilaksanakan dengan menggunakan langkah-langkah PMR yang didasarkan pada karakteristik PMR yaitu penggunaan masalah kontekstual, penggunaan model, kontribusi siswa, kegiatan interaktif, dan keterkaitan topik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 067 Nilem Bandung. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil tes belajar. Pada siklus I nilai rata-rata yaitu 69,3 hasil nilai rata-rata pada siklus II yaitu 82,1 dan hasil nilai rata-rata pada siklus III yaitu 86,6 hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV B SDN 067 Nilem Bandung. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran matematika realistik (PMR) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:50
Last Modified: 15 Oct 2018 06:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39180

Actions (login required)

View Item View Item