PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN 149 Cigadung Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

RIVA FALAH NPM, 145060168 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di Kelas IV SDN 149 Cigadung Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA 1.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (701kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku pada siswa kelas IV SDN 149 Cigadung dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu kurangnya partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model PTK, yang terdiri dari III siklus, setiap siklusnya meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar melalaui postest. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan sikap peduli, sikap santun, dan hasil belajar disetiap siklusnya. Hal ini terlihat dari hasil observasi sikap peduli pada siklus I peserta didik hanya mendapatkan persentase sebesar 62,3%, pada siklus II mendapakan persentase sebesar 65%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 76%. Hasil observasi sikap santun pada siklus I peserta didik hanya mendapatkan persentase sebesar 60%, pada siklus II mendapakan persentase sebesar 63%, dan pada siklus III mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 78%. Hasil belajar peserta didik pada siklus I menunjukan sebanyak 18 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan persentase sebesar 48,65%, pada siklus II sebanyak 21 orang peserta didik yang mencapai nilai KKM dengan persentase sebesar 56,75%, pada siklus III terjadi peningkatan dengan jumlah peserta didik yang mencapai nilai KKM sebanyak 33 orang dengan persentase sebesar 89,18%. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di kelas IV SDN 149 Cigadung dapat dikatakan berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik karena hasil persentase sudah sesuai dengan hasil yang diharapkan yaitu 80%. Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:47
Last Modified: 16 Oct 2018 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39179

Actions (login required)

View Item View Item