PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DALAM MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Eksperimen di KELAS IV SDN 147 Citarip barat Bandung)

EFRYAN DOVIANDA, 145060177 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN DALAM MATA PELAJARAN IPA (Penelitian Eksperimen di KELAS IV SDN 147 Citarip barat Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover my skrip.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fix.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa melalui model problem based learning dalam pembelajaran IPA pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di daerah kota bandung. Penelitian eksperimen ini dilaksakan di kelas IV SDN 147 Citarip Barat. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan keadaan siswa kelas IV SDN 147 Citarip Barat yang tidak kritis didalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional, sedangkan model-model pembelajaran yang lain khususnya problem based learning belum pernah dilaksanakan dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan menggunakan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Pada hasil belajar siswa menunjukan kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan, dimana kelas eksperimen diperoleh nilai mean 27,61 adalah dan kelas kontrol diperoleh nilai mean adalah 18,09 berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan metode PBL lebih efektif dibandingkan dengan ceramah konvensional. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t nilai sig yang diperoleh yaitu 0,00 sesuai dengan kriteria pengujian maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian hasil respon perolehan presentase dengan kriteria menjawab Ya = 99% , Tidak = 1% hal ini menunjukan bahwa siswa sangat tertarik dengan menerapkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah, bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPA subtema kebersamaan dalam keberagaman pada SDN 147 Citarip Barat. Dengan demikian, penggunaan model PBL dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata kunci : Problem Based Learning, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:40
Last Modified: 15 Oct 2018 07:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39175

Actions (login required)

View Item View Item