PERBANDINGAN ANTARA 5 GAYA BELAJAR DALAM MEMPEROLEH HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Kelas V SD di Kacamatan Kiaracondong Kota Bandung)

Evi Sudarti, 145060064 (2018) PERBANDINGAN ANTARA 5 GAYA BELAJAR DALAM MEMPEROLEH HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Kuantitatif Deskriptif Kelas V SD di Kacamatan Kiaracondong Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover skripsi.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris skripsi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda skripsi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia skripsi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I skripsi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II skripsi .pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III skripsi.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Gaya belajar merupakan kemampuan seseorang dalam memahami informasi atau suatu pengetahuan yang memiliki tingkat dan cara penyerapan yang berbeda-beda pada siswa V SD di Kecamatan Kiaracondong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran gaya belajar siswa kelas V, 2) mengetahui rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas V, dan 3) mengetahui perbandingan antara 5 gaya belajar siswa kelas V SD di Kecamatan Kiaracondong 2018/2019. Kajian dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif dan menggunakan pendekatan ex post facto. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD di Kecamatan Kiaracondong. Penelitian ini memiliki populasi berjumlah 178 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan berlandaskan pada tabel Isaac dan Micheal dengan signifikansi atau taraf kesalahannya 5% yaitu berjumlah 119 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument lembar observasi dan dokumentasi berupa nilai ulangan harian siswa semester gasal 2018/2019. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sehingga diperoleh semua butir item valid dan reliable yaitu berjumlah 25 butir item dengan titik kritis reliable sebesar 0,700. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, terdiri dari uji normalitas, uji linieritas serta untuk menentukan pengaruh dua variabel yaitu gaya belajar dan hasil belajar siswa melalui perhitungan dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata gaya belajar siswa terkategori tinggi dengan nilai 80,5%, rata-rata nilai ulangan harian siswa juga terkategori baik sekali yaitu 80,7%, dan adanya pengaruh ditunjukkan dengan analisis kolerasi sebesar 0,688, angka tersebut termasuk dalam interval 0,60-0,799, artinya korelasi menunjukkan hubungan positif yang kuat antara gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa. Uji perbandingan gaya belajar menggunakan t-test, perbedaan signifikan 0,05 menunjukkan bahwa hanya gaya belajar kinestetik dengan gaya belajar global yang tidak memiliki perbedaan signifikan 0,718 0,05 sedangkan kelompok lainnya berbeda signifikan. Kata kunci: Gaya Belajar Visual, Auditorial, Kinestetik, Global, Analitik dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 15 Oct 2018 06:16
Last Modified: 15 Oct 2018 06:16
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39167

Actions (login required)

View Item View Item