PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINUM GALON MENGGUNAKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH PICK UP AND DELIVERY DENGAN METODA INSERTION HEURISTIC (STUDI KASUS : PT TAMANSARI DIAN PERSADA KABUPATEN BOGOR)

RYAN MARDIANSYAH HIDAYAT, 143010133 (2018) PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI AIR MINUM GALON MENGGUNAKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH PICK UP AND DELIVERY DENGAN METODA INSERTION HEURISTIC (STUDI KASUS : PT TAMANSARI DIAN PERSADA KABUPATEN BOGOR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
RYAN MARDIANSYAH HIDAYAT 143010133.pdf

Download (577kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Proses distribusi merupakan bagian dari sebuah jaringan distribusi, yang didalamnya ada rute distribusi, lalu yang lainnya seperti fasilitas yang tersedia untuk persediaan atau distribution center yaitu seperti gudang. Hal tersebut akan berpengaruh terhadap biaya transportasi, persediaan, dan penanganan terkait. Maka apabila berbicara mengenai rute distribusi berarti berkaitan dengan sistem logistik yang ada pada sebuah perusahaan. PT. Tamansari Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang air minum dalam kemasan yang melakukan proses pendistribusian secara langsung kepada konsumen. Kapasitas angkut yang terbatas mengakibatkan perusahaan harus melakukan pengiriman dengan beberapa kali ritase pengiriman. Akibatnya jarak tempuh kendaraan dan biaya distribusi yang dikeluarkan menjadi lebih besar. Maka dari itu diperlukan kendaraan usulan yang dapat meminimasi jarak tempuh dan biaya distribusi yang dikeluarkan. Dengan model yang digunakan adalah Vehicle Routing Problem with Pick Up and Delivery, dikarenakan proses distribusi yang dilakukan adalah perusahaan mengirim sekaligus mengangkut kembali produknya. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan rute distribusi yang harus dilakukan dengan kendaraan usulan ini adalah Insertion Heuristic. Didapatkan total jarak tempuh hasil dari rute distribusi dengan menggunakan Insertion Heuristic adalah sebesar 1912,7 km selama 12 hari, sedangkan total jarak tempuh sebelumnya adalah 2665,55 km selama 12 hari. Lalu untuk total biaya distribusi yang dihasilkan oleh rute distribusi usulan adalah sebesar Rp. 162.676.135 per tahun, sedangkan total biaya distribusi pada kondisi eksisting adalah sebesar Rp. 198.112.623 per tahunnya. Maka terlihat penurunan total jarak tempuh sebesar 28% dan penurunan untuk total biaya distribusi sebesar 18% dari kondisi eksisting. Kata Kunci : Vehicle Routing Problem with Pick Up and Delivery, Insertion Heuristic, Jarak Tempuh, Biaya distribusi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:30
Last Modified: 15 Oct 2018 03:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39132

Actions (login required)

View Item View Item