DESI SUSANTI, 145060148 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DAN KARTU HURUF (PUZZLE) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DI TEMPAT BERMAIN (Penelitian tindakan kelas dikelas II SDN Pamucatan 1 Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.cover.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
6.abstrak indo.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
7.abstrak inggris.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
8.abstrak sunda.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I fixxxxxxxx.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (917kB) | Preview |
|
|
Text
babIII.pdf Download (918kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
|
Text
19 Daftar Pustaka.pdf Download (287kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berisi tentang penggunaan media gambar dan kartu huruf (puzzle) dengan model Discovery Learning (DL) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN Pamucatan 1 kelas II kecamatan nagreg kabupaten bandung pada subtema hiduprukun ditempat bermain. Keadaan yang dihadapi pada pembelajaran saat ini adalah pelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah sehingga siswa kurang aktif didalam proses pembelajaran, proses pembelajaran ini berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model alur dari kemmis dan Mc Taggar.teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik pretest dan teknik postest, wawancara, angket, dokumentasi, adapun hasil belajar siswa siklus I sikap santun memperoleh nilai 50%, siklus II memperoleh nilai 65%, dan siklus III memperoleh nilai 82% penilaian sikap peduli pada siklus I 50 %, padasiklus II memperoleh nilai 68%, dan siklus III memperoleh nilai 85%. Penilaian kognitif padasiklus I memperolehnilai 47%, pada siklus II memperoleh nilai 74% dan terakhir pada siklus III memperoleh nilai 88%. Penilaian psikomotor pada siklus I memperoleh nilai 47%, pada siklus II 68% dan padasiklus III memperoleh nilai 82%. Dengan demikian peneliti ini merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan media gambar dan kartu hurur (puzzle) dengan model discovery learning sebagai salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajarsiswa Kata kunci : media gambardankartu huruf (puzzle) dengan model Discovery Learning (DL), penelitian tindakan kelas. Hasil belajar, SDN Pamucatan 1
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 03:09 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 03:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39122 |
Actions (login required)
View Item |