ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DAN PENGUKURAN WAKTU BAKU DENGAN METODE WORK SAMPLING PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI (STUDI KASUS DI CV. BINTANG BERSINAR)

IRVAN NURDIANA, 133010049 (2018) ANALISIS POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) DAN PENGUKURAN WAKTU BAKU DENGAN METODE WORK SAMPLING PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI (STUDI KASUS DI CV. BINTANG BERSINAR). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Artikel Tugas Akhir (Irvan Nurdiana 133010049).pdf

Download (511kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

CV. Bintang Bersinar merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produk tekstil, berupa kaos kaki. Kaos kaki merupakan salah satu produk yang biasa digunakan untuk menutupi bagian kaki. Kesehatan dan keselamatan pekerja merupakan hal yang seharusnya diperhatikan oleh perusahan, karena pada dasarnya pekerja merupakan bagian penting untuk mencapai target perusahaan itu sendiri. Baik buruknya kinerja pekerja akan sangat berpengaruh terhadap performansi kerja yang dihasilkan. Adapun hal yang harus dilakukan ialah dengan memperhatikan posisi kerja saat sedang melakukan aktivitas. Tinggi rendahnya permintaan kaos kaki juga menuntut pekerja harus selalu siap untuk mengerjakan pesanan agar permintaan dapat dipenuhi tepat pada waktunya. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk melakukan analisis postur kerja dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA), dan mengukur besarnya waktu baku dari setiap operator dalam pembuatan kaos kaki dengan menggunakan metode Work Sampling. RULA merupakan metode analisis untuk mengevaluasi postur kerja seorang pekerja terhadap sistem kerja yang dioperasikan dan untuk menginvestigasi gangguan pada anggota tubuh bagian atas. Dan Work Sampling merupakan metode pengukuran langsung dimana pengamat tidak terus-menerus berada di tempat pekerjaan melainkan mengamatinya hanya pada waktu-waktu yang telah ditentukan secara acak. Dari hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa skor akhir postur kerja dari setiap operator untuk kegiatan pertama adalah 3, untuk kegiatan kedua skornya 5 untuk operator ke-1, sedangkan untuk operator 2-6 skornya 4, untuk kegiatan ketiga skornya 3 untuk semua operator, dan yang terakhir skornya 4 untuk operator 1 dan 2, sedangkan untuk operator 3 sampai 6 skornya 3. Rata-rata waktu baku yang diperoleh sebesar 1,514 menit. Waktu baku untuk masing-masing operator berada di sekitar rata-rata waktu baku tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa beban kerja fisik yang dialami oleh setiap operator dalam aktivitasnya, cenderung sama. Kata Kunci: Rapid Upper Limb Assessment (RULA), Work Sampling, Ergonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 03:03
Last Modified: 15 Oct 2018 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39121

Actions (login required)

View Item View Item