Resa Rismawanti, 145060196 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DITEMPAT BERMAIN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II SDN 048 Sirnamanah Kecamatan Sukajadi Kota Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II resa baru.pdf Download (712kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III resa.pdf Download (873kB) | Preview |
|
Text
BAB IV r.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Subtema Hidup rukun di tempat bermain. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas II SDN 08 Cibiru. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah kurangnya hasil belajar peserta didik karena guru selalu menggunakan ceramah konvensional, sedangkan dengan model – model pembelajaran yang lain khususnya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) belum pernah digunakan. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus p ada peserta didik kelas II SDN 08 Cibiru Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung sebanyak 20 orang dengan topik yang diajarkan adalah Subtema Hidup rukun di tempat bermain. Hasil belajar siswa pada aspek afektif pada sikap percaya diri pada siklus I yaitu 35% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 65% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 85%. Hasil belajar siswa pada aspek afektif pada sikap santun pada siklus I yaitu 40% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 60% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 90%. Hasil kognitif (evaluasi) pada siklus I yaitu 35% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 70%, kemudian meningkat pada siklus III menjadi 85% Hasil psikomotor (keterampilan berkomunikasi) pada siklus I yaitu 45% menunjukan sedikit peningkatan pada siklus II yaitu 75% kemudian meningkat pada siklus III menjadi 85%.Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini dapat dijadikan model alternatif yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar siswa,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 15 Oct 2018 02:54 |
Last Modified: | 15 Oct 2018 02:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39118 |
Actions (login required)
View Item |