KAJIAN KONSENTRASI PELARUT DAN LAMA WAKTU EKSTRAKSI YANG BERVARIASI TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK KAROTENOID DARI JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata)

Chilnada Nugraha Putra, 13.302.0171 (2018) KAJIAN KONSENTRASI PELARUT DAN LAMA WAKTU EKSTRAKSI YANG BERVARIASI TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK KAROTENOID DARI JAGUNG MANIS (Zea mays L. Saccharata). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
133020171 Chilnada Nugraha Putra.pdf

Download (434kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji konsentasi pelarut dan lama waktu ekstraksi sehingga didapatkan ekstrak karotenoid yang berkorelasi positif terhadap karakteristik ekstrak karotenoid pada jagung yang dihasilkan. Manfaat penelitian dari penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif zat warna alami yang dapat digunakan untuk makanan dan minuman, untuk menambah wawasan bahwa jagung memiliki kandungan senyawa karotenoid yang bertindak sebagai zat warna. Penelitian terbagi menjadi dua yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Penelitian pendahuluan yang dilakukan yaitu mengetahui perbandingan yang memiliki hasil terbaik dengan perbandingan bahan baku jagung manis dengan pelarut aseton (1:1, 1:2, dan 1:3) terhadap karakteristik ekstrak karotenoid dari jagung manis terhadap respon fisik dan respon kimia. Penelitian utama yang dilakukan yaitu mengkaji konsentrasi aseton (50%, 70%, dan 90%) dengan lama waktu ekstraksi (1hari,2hari dan 3hari) terhadap karakteristik ekstrak karotenoid dari jagung manis terhadap respon fisik dan respon kimia. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa perbandingan terbaik berdasarkan respon fisik dan kimia yaitu perbandingan bahan baku jagung manis dengan aseton 1:3 dimana hasil rendemen ekstrak karotenoid 21,5% dan total karotenoid 7,467 ppm.Sedangkan pada penelitian utama diperoleh hasil bahwa konsentrasi pelarut aseton dan lama waktu ekstraksi berkorelasi positif terhadap rendemen dan total karotenoid dari ekstrak karotenoid dari jagung manis. Kata kunci : jagung manis, aseton, ekstraksi, rendemen, total karotenoid.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:51
Last Modified: 15 Oct 2018 02:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39117

Actions (login required)

View Item View Item