PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negri 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan Bandung kidul Kota Bandung)

Muhamad Andrian, 145060131 (2018) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negri 130 Batununggal Sekelimus Kecamatan Bandung kidul Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI .pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract Skripsi.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI .pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SKRIPSI .pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III SKRIPSI .pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI .pdf

Download (141kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model project based learning pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang berperaan aktif dalam kegiatan belajar dan hasil belajar belum mencapai KKM karna guru sering menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan model project based learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dilaksanakan dalam setiap siklusnya menerapkan model project based learning yang terdiri dari 6 fase yaitu 1. Menganalisis masalah, 2. Membuat desain, 3. Melaksanakan penelitian, 4. Menyusun draf/prototipe produk, 5. Mengukur, Menilai, dan Memperbaiki produk, 6. Finalisasi dan Publikasi produk. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan teknik non tes. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Non tes dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan sikap siswa selama proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap santun dan peduli dengan penerapan model project based learning. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata dari penilaian sikap santun dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I 2,5 dengan kategori cukup, siklus II 2.82 dengan kategori baik, siklus III 3.36 dengan kategori baik. sikap peduli siklus I 2,6 dengan kategori cukup, siklus II 2,8 dengan kategori baik, siklus III 3,38 dengan kategori baik. Keterampilan diskusi meningkat dapat dilihat dari siklus I memperoleh nilai 2.82 dengan kategori baik, siklus II 2.91 dengan kategori baik dan siklus III 3.38 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa menujukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Siklus I 62,6. Siklus II 73. Siklus III 84. Kesimpulan yang diperoleh peneliti adalah bahwa model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN 130 Batununggal Sekelimus. Dengan demikian, penerapan model Project based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:45
Last Modified: 15 Oct 2018 02:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39113

Actions (login required)

View Item View Item