ANALISIS DAYA DUKUNG KONSTRUKSI DAN DAYA TAMPUNG UNTUK PERUMAHAN DI KAWASAN PERKOTAAN JATINAGOR KABUPATEN SUMEDANG (Studi Kasus : Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung )

Mohamad Sofyan Syairi, 123060031 (2018) ANALISIS DAYA DUKUNG KONSTRUKSI DAN DAYA TAMPUNG UNTUK PERUMAHAN DI KAWASAN PERKOTAAN JATINAGOR KABUPATEN SUMEDANG (Studi Kasus : Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung ). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Persyaratan Wisuda.pdf

Download (385kB) | Preview
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Kawasan Perkotaan Jatinangor yang terdiri dari kecamatan Jatinangor dan kecamatan Cimanggung merupakan bagian dari Kawasan Bandung Raya, di tetapkan sebagai PKN (Pusat Kegiatan Nasional) dengan peran sebagai pusat koleksi dan distribusi skala internasional, nasional atau beberapa provinsi). Selain itu Kawasan Perkotaan Jatinangor (Kecamatan Jatinangor dan Kecamatan Cimanggung) merupakan bagian dari PKN Kawasan Perkotaan Bandung Raya, sedangkan kawasan ini ditetapkan sebagai PPK/PKLp dengan peran menjadi pusat koleksi dan distribusi skala kecamatan, atau beberapa desa. Kawasan Perkotaan Jatinangor akan dikembangkan sebagai kawasan Pengembangan pemukiman perkotaan dan juga sebagai Kawassan Pendidikan Tinggi Jatinangor di Kabupaten Sumedang. Potensi bencana alam yang banyak di jumpai di Kabupaten Sumedang, pada umumnya berupa gerakan tanah, erosi dan banjir setempat.. Sedangkan banjir sering terjadi disebabkan drainase yang kurang memadai dan banyaknya tutupan lahan, seperti di sekitar Jalan Raya Rancaekek (sekitar Kecamatan Cimanggung) dan Jatinangor. Keterbatasan lahan di Kawasan Perkotaan Jatinangor tidak dapat mengimbangi kebutuhan akan pembangunan fisik seperti perumahan, perkantoran, kegiatan komersial, dan lain lain. Oleh karena itu di butuhkan penelitian yang bertujuan mengidentifikasi daya dukung dan daya tampung lahan perumahan di Kawasan Perkotaan Jatinangor pada masa yang akan datang. Agar sampai pada tujuan tersebut, maka sasaran yang akan dicapai dalam studi ini yaitu Teridentifikasinya proyeksi pertumbuhan penduduk di Kawasan Perkotaan Jatinangor, Teranalisisnya daya dukung lahan potensial untuk dikembangkan sebagai kawasan perumahan di Kawasan Perkotaan Jatinangor, serta teranalisisnya daya tampung lahan terkait kebutuhan rumah penduduk di Kawasan Perkotaan Jatinangor. Pendekatan studi yang dilakukan yaitu pendekatan terhadap kondisi fisik, penduduk dan kondisi daya tampung lahan, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis pertumbuhan penduduk, analisis daya dukung Konstruksi perumahan dan analisis daya tamping perumahan. Kesimpulan, beredasarkan daya tampung penduduk di Kawasan Perkotaan Jatinangor untuk 20 tahun ke depan sudah tidak dapat mencukupi, hal tersebut diketahui terdapat selisih antara daya tampung maksimal dengan proyeksi penduduk tahun 2036 sebesar – 168.203 jiwa dan yang hanya dapat menampung ialah kecamatan Jatinangor yaitu desa Cileles hanya tahun 2016 saja dan desa Cilayung sampai tahun 2016. Oleh Karena itu Pengembangan perumahan perkotaan sudah saatnya di lakukan secara vertical dan untuk daya dukung Lahan dengan kelas agak leluasa dapat dimanfaatkan sebagai kawasan perumahan horizontal atau tapak dengan rekayasa teknologi guna memenuhi daya tampung kebutuhan perumahan di masa yang akan datang. Kata Kunci : Daya Dukung, Daya Tampung Lahan, Perumahan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2018
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 15 Oct 2018 02:42
Last Modified: 15 Oct 2018 02:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/39112

Actions (login required)

View Item View Item